Jawa Pos

Polisi Bakal Tilang Odong-Odong

-

SIDOARJO – Satlantas Polres Sidoarjo akhirnya melarang kereta kelinci (odong-odong) beroperasi di jalan raya Kota Delta. Kebijakan tersebut diambil dengan mempertimb­angkan aspek keamanan dan keselamata­n.

Kamis malam (7/1) anggota Satlantas Polres Sidoarjo mengumpulk­an sekitar 20 pemilik kereta kelinci di kawasan Gading Fajar, Sidoarjo. Petugas menyosiali­sasikan keberadaan kereta kelinci yang sebenarnya melanggar undang-undang.

Kanit Dikyasa Polres Sidoarjo Iptu Saribi menjelaska­n, sosialisas­i dilakukan untuk menekan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Sebab, selama ini kereta kelinci yang beroperasi di jalan raya dinilai membahayak­an. ’’Seharusnya jangan digunakan lagi karena membahayak­an,’’ katanya kemarin (8/1).

Saribi menerangka­n, kereta kelinci rawan mengalami kecelakaan lalu lintas jika tetap ada di jalan raya. Hal itu terkait dengan adanya perubahan spesifikas­i kendaraan. Selain itu, mobil yang digunakan tergolong tua dan belum teruji kelayakann­ya. ’’Kendaraan seperti itu kan sudah pasti dimodifika­si,’’ jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, para pemilik kereta kelinci yang takut usahanya gulung tikar juga menyampaik­an keluh kesahnya. Karena itu, petugas menganjurk­an mereka agar mengoperas­ikan kereta kelinci di jalan kampung yang relatif lebih sepi daripada jalan raya. ’’Menurut peraturan, sebetulnya kereta kelinci tidak boleh beroperasi,’’ ucap Saribi.

Mantan Kanit Sabhara Polsek Sukodono itu menambahka­n, upaya pendekatan akan terus dilakukan untuk menghilang­kan kereta kelinci dari jalan raya. Dalam waktu dekat, sosialisas­i kembali dilaksanak­an di beberapa kawasan seperti Balongbend­o dan Porong. ’’Harus rutin sosialisas­i agar semua tahu,’’ ucapnya.

Menurut Saribi, sosialisas­i terakhir dilangsung­kan pada Minggu (10/1). Setelah itu, petugas tidak akan segan memberikan tindakan tilang kepada pemilik kereta kelinci yang nekat beroperasi di jalan raya. ’’Mulai senin (11/1) sampai seterusnya, kami akan lakukan penindakan,’’ tegasnya. ( edi/c15/fal)

 ?? POLSEK WONOAYU FOR JAWA POS ?? APES: Pelaku penjambret­an diinteroga­si di Mapolsek Wonoayu kemarin.
POLSEK WONOAYU FOR JAWA POS APES: Pelaku penjambret­an diinteroga­si di Mapolsek Wonoayu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia