Jawa Pos

Ajak Anak Muda Berpartisi­pasi

-

WARGA Sidoarjo menyambut positif program Zero Waste yang digagas Jawa Pos bersama Pemkab Sidoarjo. Kemarin (8/1) sejumlah anak muda Kota Delta mulai mendaftar untuk mengikuti program tersebut. Salah satunya Komunitas Eksis Forever.

Mereka adalah karang taruna RW 8 Desa Keboan Anom, Gedangan. Komunitas itu beranggota puluhan anak muda. ’’Total anggota kami 50 orang,’’ ujar Ketua Komunitas Eksis Forever Ammy Yoga Prajati kemarin.

Menurut dia, organisasi­nya sangat aktif memberdaya­kan masyarakat. Banyak program yang mereka laksanakan. Baik di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, maupun lingkungan hidup. Di bidang lingkungan hidup, misalnya. Mereka mempunyai program andalan, yakni peduli sungai. ’’Di kampung kami terdapat sungai yang cukup panjang. Kami menjaga kebersihan sungai,’’ jelas alumnus Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) itu.

Pihaknya juga gencar melakukan sosialisas­i kepada mayarakat terkait dengan kebersihan kali. Selain itu, komunitas tersebut memasang berbagai poster yang berisi ajakan untuk peduli dengan kebersihan sungai. Poster itu dibuat sebegitu kreatif sehingga orang tertarik membacanya. Jika ada yang hendak membuang sampah, mereka malu jika membaca poster yang ada. Cara itu cukup jitu untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan.

Fiona Ayu Kinanti, anggota komunitas, me nyatakan bahwa kebun bergizi sudah menghasilk­an produk. Salah satunya stik bayam. Produk itu dikemas se demikian rupa sehingga menarik pembeli. Olahan bayam tersebut dipasarkan lewat media sosial ( medsos). Memang, kata Fiona, produk itu belum bisa diproduksi setiap hari. Stik bayam baru dibuat jika ada pesanan. ’’ Tergantung pesanan,’’ katanya.

Pihaknya ingin mengembang­kan produk itu, namun sejauh ini masih terkendala biaya dan pemasaran. (lum/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia