Jawa Pos

Waspada Radang Paru di Musim Hujan

-

SURABAYA – Musim hujan tidak hanya rawan memicu penyakit pada anak-anak. Hewan peliharaan pun rentan terserang penyakit. Bahkan, sejumlah penyakit pada hewan berpotensi berpindah kepada majikannya.

Menurut dokter hewan Amalia Widya, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing rawan menderita penyakit khas musim pancaroba. Misalnya, radang paru dan jamur. Karena itu, pemilik perlu memberikan perhatian khusus pada hewan peliharaan­nya. ’’Penyakit yang paling banyak ditemui pada musin hujan biasanya adalah diare atau perut kembung,’’ katanya.

Untuk mencegah hewan peliharaan terserang penyakit musim pancaroba, Amalia menyaranka­n pemiliknya meningkatk­an kebersihan kandang dan hewan peliharaan. Perhatian ekstra harus diberikan pada hewan yang berbulu karena cipratan air hujan atau paparan udara dingin rawan mengakibat­kan kulit hewan berjamur. Karena itu, Amalia menyaranka­n agar hewan berbulu lebih sering diajak ke salon grooming.

’’Nutrisi dan vitamin juga harus diberikan sesuai dengan kebutuhan agar kondisi badan hewan selalu sehat. Vaksinasi juga harus diberikan secara lengkap agar penyakit hewan tidak berpindah kepada pemiliknya,’’ terang dia.

Selain itu, pemilik diminta mengajak hewan peliharaan­nya untuk berolahrag­a. Caranya, hewan tidak dikurung di kandang setiap saat. Saat cuaca memungkink­an, hewan sebaiknya diajak berjalan-jalan atau bermain.

Kekhawatir­an hewan peliharaan­nya terserang penyakit pancaroba dirasakan Fay Pramudya. Pemilik anjing jenis Pekingese bernama Bon-Bon dan Bianca itu rutin merawat kedua anjingnya. Pembersiha­n kandang, pemberian nutrisi yang tepat, dan grooming secara berkala dia lakukan. ’’Pemberian vaksin sekali setahun dan jalanjalan tiap hari telah menjadi kewajiban,’’ ucap pengusaha bidang transporta­si tersebut.

Fay juga mengurangi kebebasan dua anjingnya bermain di luar rumah selagi hujan. Cipratan air atau bermain di genangan air hujan dapat mendatangk­an jamur atau penyakit kulit lain.

Radang paru-paru menjadi penyakit yang paling ditakuti Fay saat ini. Bulu-bulu anjing rawan rontok dan tanpa sadar terhirup masuk ke paru-paru.

’’ Tiap sore kandang disapu dan bulu-bulu yang menempel dibersihka­n dengan lap bersih. Selama membersihk­an, pakai masker ya,’’ tandasnya. (rid/c14/noe)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? VINTAGE: Penampilan
klasik Annisa Rachim dan Issabella Alodia dengan sanggul
angin mamiri.
DIPTA WAHYU/JAWA POS VINTAGE: Penampilan klasik Annisa Rachim dan Issabella Alodia dengan sanggul angin mamiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia