Jawa Pos

Foundation Kunci Make-up Waterproof

-

SURABAYA – Setiap perempuan pasti ingin semakin cantik saat menggunaka­n make-up. Masalah muncul saat musim hujan seperti saat ini. Tata rias sulit dijaga dari cipratan air hujan, terlebih saat perempuan harus beraktivit­as di luar ruangan.

Untuk menyiasati perubahan cuaca, make-up artist Vina Wijayanti menyaranka­n penggunaan make-up tahan air atau waterproof. Hanya dengan teknik sederhana, riasan yang diaplikasi­kan tetap sempurna melengkapi kecantikan pemakainya.

Menurut pemilik SekolahMak­eUp.com tersebut, pada dasarnya, make-up waterproof bermula dari pemilihan bedak dasar atau foundation serta pelembap yang benar. Pilih pelembap dan foundation bertekstur krim yang lebih tahan lama daripada bentuk liquid. ’’Bentuk krim lebih pekat. Jadi, make-up mudah me- nempel,’’ terang Vina.

Untuk pemakaian blush-on, Vina mempunyai cara unik yang bisa dipraktikk­an sendiri. Hasilnya cukup awet, meski terkena cipratan air hujan. Syaratnya, blush-on tidak diusap dengan tangan. ’’Meski terkena cipratan air, warnanya tetap utuh seperti awal aplikasi,’’ terangnya.

Caranya, Vina memanfaatk­an lipstik, air mineral, serta kuas make- up. Kuas dibasahi deng- an air mineral, lantas dioleskan di ujung lipstik sesuai dengan war na yang diinginkan. Kuas lantas diusapkan ke pipi menggantik­an blush- on. ’’ Sederhana kan? Semua bisa kok melakukan ini,’’ tegasnya.

Agar kulit terlihat lebih cerah, Vina mengaplika­sikan teknik sederhana dengan memberikan makeup berwarna alami kulit. Pemberian shading sedikit gelap 2–3 tone dari warna kulit akan mem- berikan kesan muda.

Hasilnya, dua model yang melakukan sesi foto dengan Jawa Pos kemarin terlihat semakin cerah dengan tata rias sederhana ala Vina. Pemotretan dilakukan di dalam dan luar ruangan. Wajah dua model cantik, Evelyn dan Glory, tetap terlihat cerah, meski cuaca kemarin cukup terik. ’’Padahal, tadi berkeringa­t. Namun, make- up tetap nempel,’’ kata Evelyn. (rid/c5/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia