Jawa Pos

Finger Wave Kembali Jadi Idola

-

SURABAYA – Tatanan rambut saat ke pesta sangat bervariasi. Gaya simpel pernah menjadi idola tahun lalu. Yakni, sanggul manis dengan seluruh rambut diarahkan ke belakang dan digelung mungil. Penata rambut Eddy Rizaldy memprediks­i, tahun ini finger wave style yang pernah ditenarkan bintang film Marilyn Monroe bakal kembali booming.

Eddy membikin sanggul yang bernama sanggul angin mamiri. Bentuk rambut yang berlekukle­kuk membutuhka­n ketekunan untuk menatanya. Namun, bila sudah andal, penataan sanggul itu hanya membutuhka­n waktu sepuluh menit. ’’Bentuknya seperti gelombang emosi, perlu kesabaran,’’ ungkapnya.

Proses pertama, bentuk rambut harus sudah bergelomba­ng. Untuk rambut lurus, perlu dibuat keriting tipis-tipis. Rambut dipisahkan menjadi banyak bagian. Kemudian, per bagian dibuat lekukan dengan bantuan penjepit dan hair spray. ’’ Tatanan ini masuk ke gaya yang vintage. Bisa diaplikasi­kan saat datang ke pesta kostum atau glamor,’’ ujar dia.

Eddy menyebutka­n, hairstyle itu cocok diaplikasi­kan ke perem- puan dengan usia berapa pun. Sebab, finger wave termasuk kategori abadi. Perhatian justru tertuju pada make-up yang sebaiknya tipis natural, bukan menor. Tatanan rambutnya sudah heboh sehingga tidak perlu ditambahi dandanan mencolok.

’’ Kan masih satu kepala. Kalau tatanan rambut sudah megah, usahakan make-up mengalah. Misalnya, hanya pakai eyeliner hitam atau cokelat dan lipstik warna nude atau merah,’’ kata dia.

Tatanan rambut tersebut bisa diaplikasi­kan pada muka chubby maupun wajah persegi. (cik/c7/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia