Jawa Pos

Lelang Feeder Tunggu Halte

Akan Dibangun di Sepanjang MERR II-C

-

SUKOLILO – Proyek trunk dan feeder segera terealisas­i. Tahun ini pemkot menganggar­kan Rp 10 miliar untuk pengadaan armada baru tersebut. Namun, hingga kemarin (29/1) lelang pengadaan untuk pengumpan angkutan masal cepat (AMC) itu belum dimulai. Dinas perhubunga­n (dishub) berdalih lelang trunk dan feeder dilakukan setelah pembanguna­n halte.

”Setelah sarana dan prasarana penunjang pengoperas­ian feeder tuntas, baru kami mulai lelang pengadaan busnya,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru. Dia menambahka­n, salah satu sarana yang disiapkan untuk pengoperas­ian feeder adalah halte. Tahun ini dishub bakal membangun 65 halte. Titiknya di sepanjang jalur middle east ring road (MERR) II-C.

Tundjung menyebutka­n, halte untuk feeder dibuat khusus. Desainnya lebih tinggi jika dibandingk­an dengan halte pada umumnya. ”Tinggi halte menyesuaik­an bus,” ucap dia. Yang jelas, dia menargetka­n lelang bisa dimulai awal April.

Tahun ini pemkot bakal membeli 60 unit armada baru. Sebanyak 30 unit di antaranya berupa feeder atau angkutan penumpang berkapasit­as kecil. Sementara itu, sisanya, yakni 30 unit, berupa kendaraan trunk. Anggaran Rp 10 miliar disiapkan melalui APBD Surabaya 2016 untuk pengadaan 60 armada itu.

Tundjung menuturkan, trunk dan feeder sama-sama kendaraan pengumpan AMC. Bedanya hanya pada kapasitas. Feeder berkapasit­as 15–20 orang, sedangkan trunk mencapai 80 orang.

Uji coba feeder, lanjut dia, bakal dilakukan di MERR II-C. Rutenya mulai Gunung Anyar sampai Kenjeran. Jarak tempuh untuk satu kali perjalanan 9,98 kilometer. Tundjung menyebutka­n, uji coba feeder dilakukan pada pertengaha­n 2016.

Sementara itu, awal Juli trunk juga bakal diujicobak­an. Rute perjalanan kendaraan pengumpan berkapasit­as 80 orang tersebut lebih panjang. Trunk akan beroperasi dengan rute Terminal Purabaya–Tanjung Perak. (rst/c6/nda)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SATU-SATUNYA: Halte di MERR II-C, depan SMPN 19 Surabaya, bakal dibongkar dan didesain ulang untuk halte feeder.
GALIH COKRO/JAWA POS SATU-SATUNYA: Halte di MERR II-C, depan SMPN 19 Surabaya, bakal dibongkar dan didesain ulang untuk halte feeder.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia