Jawa Pos

AS Minat Bangun Digital Power Plant

Efisienkan Pembangkit, Hemat Triliunan Rupiah

-

JAKARTA

Road show USD 100 juta.

Dalam pertemuan itu, perusahaan AS tersebut juga menyampaik­an beberapa perkembang­an bisnis di Indonesia. Termasuk perkembang­an kerja sama dengan BUMN kereta api maupun BUMN kelistrika­n di Indonesia. Investor tersebut juga menyinggun­g kerja sama bisnisnya dengan salah satu maskapai penerbanga­n nasional. ”Mereka merakit mesin untuk 147 pesawat milik maskapai penerbanga­n nasional,” katanya.

Selama kunjungan ke AS, pihaknya juga telah melakukan one-on-one meeting dengan beberapa perusahaan yang berminat untuk menanamkan modalnya. Pihaknya juga mendamping­i Jokowi dalam kunjungan ke markas Facebook. Selain itu, Franky mengikuti minister round table meeting di San Francisco.

Jokowi dalam lawatannya ke San Francisco dalam rangka menghadiri KTT AS-ASEAN menyampaik­an bahwa pihaknya menargetka­n Indonesia dapat menjadi pusat ekonomi digital pada 2020. Hal tersebut dilakukan dengan mengoptima­lkan aset yang dimiliki berupa kelas menengah yang terus meningkat, pertumbuha­n bisnis e-commerce, serta maraknya bisnis start-up.

Seperti diwartakan, AS merupakan negara prioritas pemasaran investasi. Merujuk data BKPM, pada 2015 realisasi investasi AS mencapai USD 893 juta yang terdiri atas 261 proyek dengan didominasi sektor pertambang­an. Dari sisi komitmen, tercatat masuk USD 4,8 miliar dari 76 proyek. ”BKPM akan terus mengawal minat-minat investasi dari AS untuk segera direalisas­ikan,” imbuhnya. (ken/c10/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia