Jawa Pos

Fokus Pasar Internasio­nal

-

SEJAK awal memulai usaha, Gibran dibantu dua rekan kerjanya untuk melakukan riset dan pengembang­an produk. Mereka adalah Chrisna Aditya dan M. Ihsan Akhirulsya­h.

Selain perusahaan-perusahaan besar, customer yang menggunaka­n produk eFishery beragam. Mulai kementeria­n hingga tidak jarang pula banyak demand dari luar negeri. ’’Tahun ini target ada 2.516 unit produk yang terjual. Tahun lalu kisaran ratusan produk yang terjual,’’ terangnya.

Pelan-pelan Gibran dan rekanrekan­nya mulai berfokus menggarap peluang pasar mancanegar­a. Akhirnya, muncul pula gagasan untuk mendirikan sebuah holding company di Singapura. Tujuannya, lebih mudah menjaring investor dan customer yang tertarik pada produk eFishery.

Selain itu, regulasi di Indonesia disebutnya masih belum optimal bagi pelaku usaha dalam membuka usaha. Birokrasi yang masih terbilang panjang menjadi kendala. ’’Ada juga biaya ini-itu yang harus dikeluarka­n. Belum lagi soal kepemilika­n dan lainnya yang masih rumit. Ini akhirnya bisa menjadi kendala saat investor ingin menaruh sejumlah investasi di perusahaan di Indonesia. Sejak ada paket-paket kebijakan memang membantu, tapi dulu memang susah sekali. Di Singapura waktu 2 jam saja sudah bisa bikin perusahaan sendiri,’’ papar anak pertama di antara tiga bersaudara pasangan Amri Fauza dan Suciati tersebut.

Namun, Gibran tetap ulet dalam mengemban fokus bisnisnya. Dia mengungkap­kan bahwa produk eFishery kini sudah mampu meng- garap pasar di beberapa pulau besar di Indonesia. Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan adalah beberapa wilayah yang telah dihandle Gibran.

Ke depan, eFishery berharap ingin dapat menjangkau pasar internasio­nal karena permintaan customer manca terus berdatanga­n. ’’Permintaan dari luar belum bisa sepenuhnya terpenuhi karena kami ingin ada aftersales service. Tidak hanya kirim barang, tapi ada juga service maintenanc­e bagi customer,’’ katanya.

Beberapa negara seperti Thailand, Filipina, Tiongkok, Malaysia, dan Korea adalah negara-negara dengan permintaan terbanyak untuk produk eFishery. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, pihaknya akan membuat sebuah model pengembang­an strategi bisnis dari hulu ke hilir. (dee/c14/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia