Jawa Pos

Kalah Terus, Jeb Bush Mundur

Trump Menang di South Carolina, Hillary di Nevada

-

SPARTANBUR­G – Jalan kandidat calon presiden (capres) dari Partai Republik Donald Trump menuju Gedung Putih kian mulus. Sabtu (20/2) dia kembali menorehkan kemenangan dalam primary di South Carolina. Di sisi lain, kandidat capres dari Partai Republik Hillary Clinton juga memenangi kaukus di Nevada, mengalahka­n pesaingnya, Bernie Sanders.

Hingga berita ini selesai ditulis, penghitung­an suara di South Carolina masih 87 persen. Meski begitu, dari jumlah tersebut, Trump telah berhasil meraih 32,5 suara. Posisi kedua ditempati Senator Marco Rubio. Dia berhasil meraup 22,5 persen dukungan, disusul Ted Cruz di angka 22,3 persen. Primary itu adalah kemenangan kedua Trump yang sebelumnya berhasil menaklukka­n New Hampshire. Pebisnis 69 tahun itu kian kuat terpilih sebagai kandidat dari Republik.

’’Saya bisa bilang bahwa tidak mudah ikut mencalonka­n diri sebagai presiden. Ini proses yang keras, menjijikka­n, jahat, ganas, tapi juga indah. Ketika kita menang, ini menjadi indah,’’ ujar Trump dalam pidato kemenangan di hadapan para pendukungn­ya.

Kemenangan Trump itu membawa korban. Jeb Bush yang hanya meraih 7,8 persen suara akhirnya bersikap realistis, mengundurk­an diri. Selama primary berlangsun­g, putra mantan presiden George H.W. Bush itu memang tidak terlalu bersinar. Suara yang dia dapat selalu minim. Padahal, sebelum primary pertama, Jeb Bush selalu menduduki peringkat atas dalam berbagai poling.

’’Malam ini saya menghentik­an kampanye saya. Saya bangga atas kampanye yang telah kita lakukan untuk menyatukan negara kita,’’ ujar Jeb Bush sambil menitikkan air mata. Jeb Bush tidak bisa mengulangi kesuksesan ayahnya dan saudara lelakinya, George W. Bush Junior, yang berhasil menjadi orang nomor satu di AS.

Kekalahan di South Carolina itu juga merupakan pukulan telak. Sebab, selama ini ayah maupun saudara lelakinya selalu berjaya di negara bagian yang memiliki nama lain Palmetto tersebut. Terlebih, dia kalah oleh Trump yang selama kampanye selalu mengolok-oloknya dan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh duo Bush sebelumnya.

Secara terpisah, posisi Hillary Clinton juga menguat setelah memenangi kaukus di Nevada. Dia berhasil meraup 52,6 persen suara dari total 88 persen suara yang telah dilaporkan. Bernie Sander menguntit dengan meraih 47,4 persen suara.

Sama dengan Trump, itu adalah kemenangan kedua Clinton setelah primary di Iowa. Primary Partai Demokrat berikutnya adalah di South Carolina pada 27 Februari mendatang. Sedangkan kaukus Republik di Nevada berlangsun­g 23 Februari. Super Tuesday akan berlangsun­g pada 1 Maret nanti. Dalam Super Tuesday, beberapa negara bagian bakal melakukan pemungutan suara secara bersamaan. (Reuters/AFP/sha/ami)

 ?? REUTERS/RANDALL HILL ?? LANGKAH LOGIS: Jeb Bush mengumumka­n mundur di Columbia, South Carolina.
REUTERS/RANDALL HILL LANGKAH LOGIS: Jeb Bush mengumumka­n mundur di Columbia, South Carolina.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia