Jawa Pos

Smartphone Gantikan Kartu ATM

-

WASHINGTON – Puluhan bank di Amerika Serikat (AS) mengganti maupun meng- upgrade mesin ATM. Semua itu dilakukan untuk menyesuaik­an teknologi terbaru perbankan. Yakni, cardless atau tanpa kartu. Pemilik rekening bisa mengambil uang di ATM cukup dengan men- scanning kode tertentu di telepon pintar miliknya. Teknologi terbaru tersebut diklaim lebih mudah, cepat, dan aman.

’’Saya rasa menggunaka­n smartphone mengurangi banyak kerentanan (kalau dibandingk­an dengan menggunaka­n kartu, Red),’’ ujar petinggi FIS Global Doug Brown. Itulah salah satu provider utama software dan teknologi untuk ATM.

Dia menjelaska­n, sistem cardless yang diusung FIS telah digunakan lebih dari 2 ribu ATM yang dioperasik­an 28 bank di AS. Jumlah tersebut masih bertambah lagi. Sebab, banyak yang mulai mengganti ATM-nya dengan teknologi itu. Bukan hanya di AS, melainkan juga di negara-negara lain.

Salah satu keuntungan dengan menggunaka­n scanning smartphone itu adalah menghindar­i skimming. Yaitu, pengambila­n data-data pada kartu ATM saat dimasukkan ke mesin. (AFP/sha/c14/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia