Jawa Pos

Sekoci Terakhir bagi LvG

-

SHREWSBURY – Rumor pemecatan Louis van Gaal selalu muncul setiap Manchester United kalah. Rumor itu makin kencang seiring dengan hasil buruk yang diraih United dalam dua pekan terakhir. Setelah kalah 1-2 oleh Sunderland di Premier League (13/2), sepekan berikutnya mereka takluk dengan skor yang sama kepada FC Midtjyllan­d di Europa League.

Meski demikian, pelatih berinisial LvG itu masih bertahan. Namun, ka bar nya, toleransi manajemen terhadap LvG sudah habis. Lawatan ke Greenhous Meadow menghadapi Shrewsbury Town dini hari nanti menjadi sekoci terakhir bagi LvG. Terakhir? Ya, dari kacamata manajemen, kalah oleh tim penghuni League One (kasta ketiga) itu sangat sulit untuk dimaafkan. Sebab, di League One musim ini Shrewsbury masih menghungi peringkat ke-21 atau di zona degradasi.

Statistik memang berpihak kepada United. Sebab, sepanjang satu dekade Piala FA, Setan Merah –julukan United– tidak pernah terganjal oleh tim kasta bawah. Itu berarti sangat terbut kans United melewati hadangan Shrewsbury di putaran kelima atau babak 16 besar nanti.

Namun, melihat panjangnya daftar nama pemain yang mengalami cedera, United bisa menghadapi kendala di Greenhous Meadow. Sam Johnstone, Marcos Rojo, Phil Jones, Luke Shaw, Antonio Valencia, Guillermo Varela, Ashley Young, Bastian Schweinste­iger, Marouane Fellaini, Wayne Rooney, dan David de Gea adalah deretan amunisi yang menjadi pasien tim medis. Namun, Michael Carrick menegaskan, cedera bukan alasan untuk menyerah sebelum berperang. ’’Cedera adalah bagian dari permainan,’’ kata Carrick kepada NDTV. ’’Ini memang bukan situasi yang ideal bagi United. Namun, ini juga bukan penyebab terpurukny­a permainan kami,’’ lanjut gelandang senior United itu. ’’Saya pikir Senin (Selasa dini hari WIB) kami akan menyuguhka­n permainan yang berbeda. Kami harus tampil lebih baik ketimbang Kamis (Jumat WIB) lalu,’’ tandasnya.

Carrick membantah isu bahwa pemain mengharapk­an Van Gaal lengser. Nah, lawatan ke markas Shrewsbury nanti adalah momen pembuktian bahwa skuad United masih mendukung Van Gaal. ’’Karena ini (isu pemecatan) bukan yang pertama, kami tahu apa yang harus kami lakukan,’’ koarnya.

Lawatan United ke Greenhous Meadow menjadi catatan sejarah bagi Shrewsbury. Sebab, itu kali pertama United melawat ke Greenhous Meadow. Lawatan bersejarah tersebut membangkit­kan motivasi penggawa Shrewsbury. Bomber Andy Mangan, misalnya. Dia sudah meminta masukan kepada bomber Leicester City Jamie Vardy dan gelandang Burnley Joey Barton tentang kiat meredam United. Mangan memang pernah menjadi kolega Vardy saat membela Fleetwood Town pada musim 2011–2012. Sementara itu, Barton adalah teman masa kecil.

’’Saya sudah berbicara dengan Barton soal laga United. Saya juga akan menerapkan masukan dari Jamie ( Vardy),’’ papar Mangan kepada (ren/c4/bas)

 ?? GRAFIS: BUDIONO
ANDREW YATES/REUTERS, ?? Sports
Daily Express.
DEMI LvG: Memphis Depay
meluapkan kegembiraa­n setelah menjebol
gawang Sunderland di Old
Trafford (26/9).
GRAFIS: BUDIONO ANDREW YATES/REUTERS, Sports Daily Express. DEMI LvG: Memphis Depay meluapkan kegembiraa­n setelah menjebol gawang Sunderland di Old Trafford (26/9).
 ??  ??
 ?? INSTAGRAM ?? KENA DENDA: Nicklas Bendtner dan objek selfie-nya.
INSTAGRAM KENA DENDA: Nicklas Bendtner dan objek selfie-nya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia