Jawa Pos

Indeks Integritas Sekolah Menentukan

-

SURABAYA – Lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) menjadi idaman bagi sebagian besar siswa SMA. Apalagi masuk program studi yang sudah diincar banyak siswa. Di Unair, misalnya, salah satu program studi yang favorit setiap tahun adalah pendidikan dokter, fakultas kedokteran (FK).

Abu Rizal Dwikatmono Johan, siswa SMAN 5, tertarik melanjutka­n ke Fakultas Kedokteran Unair. Dia optimistis meski jurusan yang dipilihnya memiliki persaingan cukup ketat. ’’ Tahun lalu, kakak kelas yang diterima di FK ada 17 orang,’’ terangnya.

Sementara itu, Miftahul Rizka Devia Sandra, siswa SMAN 2, menuturkan memilih Psikologi Unair dan Ilmu Komunikasi Unair. Menurut dia, jurusan tersebut dipilih karena rasa penasaran serta passion di bidang psikologi. ’’Ingin tahu karakter setiap orang, dan ingin bekerja di media atau public relation,’’ jelasnya. Selain itu, prospek kerja lulusan psikologi lebih luas.

Berbeda dengan kawannya, Jefri Deliandri berminat kuliah di ITB. Dia sudah memiliki jurusan incaran di Bandung, yakni manajemen rekayasa. Selain itu, dia memilih kuliah di luar kota agar lebih mandiri. ’’Setahu saya, jurusan itu baru ITB yang buka, baru dibuka 2008. Jadi, peluang masuk akan lebih besar,’’ terangnya.

Kepala BAAK PSI Unesa Hertiti Setyowati mengatakan, seleksi SNM PTN dilakukan secara fair sesuai dengan nilai rapor. Tidak ada kuota tertentu bagi sekolah untuk bisa masuk seleksi SNM PTN. Semua proses, kata dia, dilakukan secara tersistem oleh pusat.

Hal senada disampaika­n Rektor Unair Muhammad Nasih. Nasih menegaskan, indeks integritas sekolah menjadi bahan pertimbang­an utama dalam SNM PTN. ’’Indeks dapat menggambar­kan nilai rapor sekaligus nilai unas siswa,’’ jelas dia.

Nilai indeks integritas sekolah tersebut nanti memengaruh­i kuota penerimaan SNM PTN pada tahun ini. Semakin tinggi nilai indeks integritas, semakin tinggi pula peluang calon pendaftar dari sekolah tersebut untuk diterima. Nasih memberikan gambaran lebih lanjut. Misalnya, sekolah A memiliki indeks integritas 0,9.

Penilaian indeks integritas sekolah tersebut merupakan program Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) baru-baru ini. Dengan begitu, pertimbang­an itu dapat dikatakan berbeda jika dibandingk­an dengan tahun lalu.

Nasih menekankan Unair tidak pernah menaruh dendam dalam proses SNM PTN. ’’Contohnya, jumlah yang diterima ada lima siswa dari sekolah A. Tapi, hanya dua siswa yang daftar ulang,’’ ungkapnya. Riwayat kondisi tersebut tidak akan memengaruh­i penerimaan mahasiswa baru jalur SNM PTN tahun selanjutny­a. ’’Kami benar-benar akan seleksi kualitas pendaftar yang masuk,’’ ujarnya. Termasuk riwayat alumnus masing-masing sekolah di Unair. (elo/bri/c19/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia