Jawa Pos

Tertangkap, Dikalungi Tabung Elpiji 3 Kg

-

SURABAYA – Pencuri elpiji di Kupang Gunung Timur VI kena getahnya dini hari kemarin (21/2). Heri Kurniawan tertangkap basah oleh warga meski sempat bersembuny­i di dalam toko. Setelah menangkap, warga mengalungk­an tabung elpiji 3 kg tersebut ke leher Heri.

Tidak hanya dikalungi elpiji, pakaian warga Jalan Putat Jaya C gang VII itu juga dilucuti. Dia hanya mengenakan celana pendek putih saat dikeler warga. ’’Dia tadi lewat sini pelan-pelan,’’ terang Warjo, salah seorang warga.

Heri memang naik sepeda motor Suzuki Shogun nopol L 3531 YZ. Setelah melihat keadaan sekitar, pria berusia 36 tahun tersebut memarkir tunggangan­nya di depan gang. Gerak-gerik Heri telah dicurigai anggota linmas yang sedang berjaga di sana. Benar saja, ternyata pria bertubuh ceking itu membobol sebuah toko kecil di suatu gang. Anggota linmas kemudian menyuruh warga berkumpul. ’’Kami tahu dia masih berada di sekitar sini karena motornya masih ada,’’ ungkap Warjo.

Lama mencari, ternyata Heri cukup lihai bersembuny­i. Saat dicari di semak-semak, dia tidak ada, di sudut gang yang lebih sempit dan gelap pun tidak ketemu. Warga sempat putus asa dan membiarkan pelaku kabur.

Tetapi, tidak lama berselang, ada anggota Sabhara Polsek Sawahan yang melintas. Melihat ada polisi, warga kembali bersemanga­t mencari pelaku. Mereka lantas memusatkan pencarian di sekitar toko.

Prediksi itu tidak meleset. Heri bersembuny­i dengan jongkok di bawah meja. Warga langsung meringkusn­ya dan menghadiah­i bogem mentah. Beberapa warga mengambil tali rafia, lalu mengikatka­nnya ke tabung elpiji.

Setiba di kantor polisi, pelaku langsung dimintai keterangan oleh Unit Reskrim Polsek Sawahan. Di tempat terpisah, Kapolsek Sawahan Kompol Agus Bahari menyatakan bahwa Heri adalah pelaku tunggal. ’’Kami juga mengamanka­n sepeda motor dan tabung elpiji sebagai barang bukti,’’ tegas Agus. (did/c14/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia