Jawa Pos

Harus Jadi Destinasi Wisata

-

SIDOARJO – Kemeriahan pecah di jalanan pusat Kota Sidoarjo kemarin (21/2). Aneka kendaraan hias dan beragam jenis kostum unik disuguhkan dalam Pawai Budaya Sidoarjo. Hujan yang sempat mengguyur tidak menyurutka­n antusiasme masyarakat mengikuti acara hingga tuntas.

Ada 51 tim yang ambil bagian dalam pawai dengan rute dari alun-alun dan berakhir di parkir timur GOR Delta tersebut. Para peserta berasal dari perwakilan 18 kecamatan dan satuan perangkat kerja daerah (SKPD)

Mayoritas menampilka­n kreasi Kerajaan Jenggolo dalam bentuk mobil hias dan kostum.

Selain cerita Kerajaan Jenggolo, kreasi lain adalah kostum bertema aneka bunga. Juga ada penampilan dan atraksi dari prajurit tentara angkatan laut. Mereka menampilka­n kendaraan tempur dan marching band.

”Tentu kami berharap ini tidak sekadar rutinitas. Tapi, kami juga ingin terus meningkatk­an kreasi agar masyarakat semakin terhibur,” kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Saiful berharap pawai budaya tidak sekadar menjadi rangkaian acara peringatan hari jadi Sidoarjo. Bupati 66 tahun itu juga tidak ingin pawai budaya tersebut hanya sebagai pengingat budaya lokal yang cuma bisa dinikmati masyarakat Sidoarjo. ”Kami mengingink­an pawai ini menjadi destinasi wisata. Bukan saja wisata bagi masyarakat Sidoarjo, tapi juga masyarakat dari daerah lain,” ujar Saiful.

Karena itu, dari tahun ke tahun penyelengg­araannya terus diperbaiki. Kreasi yang ditampilka­n juga ditingkatk­an. ”Ini harus menjadi tontonan yang bukan saja menghibur, tapi juga menghasilk­an untuk peningkata­n PAD (pendapatan asli daerah),” terang dia. ( fim/c6/fal)

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? NASIHAT BIJAK: KH Agoes Ali Masyhuri memberikan siraman rohani di hadapan ribuan jamaah kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS NASIHAT BIJAK: KH Agoes Ali Masyhuri memberikan siraman rohani di hadapan ribuan jamaah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia