Jawa Pos

Dinkes Bangun Poli Preeklamps­ia

-

GRESIK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik serius menyikapi tingginya angka kematian ibu hamil di Kota Pudak. Pemicunya, hipertensi saat kehamilan atau preeklamps­ia (PE). Dinkes berencana membangun poli PE di semua puskesmas.

’’Sementara ini, (poli PE) hanya berada di Puskesmas Bungah,’’ kata Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Keluarga Berencana Dinkes Ummi Khoiroh kemarin. Di Bungah pun, poli PE baru diresmikan pada Sabtu (20/2). Sebelumnya, tidak ada puskesmas yang memiliki poli PE.

Poli tersebut merupakan inovasi dokter muda (DM) dari Universita­s Airlangga (Unair). Selama ini, hanya ada poli KIA (kesehatan ibu dan anak) untuk ibu hamil, tidak spesifik menangani kasus PE. ’’Dengan adanya poli itu, gejala PE bisa ditemukan sejak dini,’’ jelasnya.

Dinkes pun segera melakukan sosialisas­i ke 31 puskesmas lain. Sosialisas­i itu dilakukan oleh Puskesmas Bungah. ’’Seperti memberikan testimoni kepada puskesmas lain,’’ ujarnya.

Dia menyatakan, pada 2015 angka kematian ibu hamil di Gresik menempati peringkat ke-12 se-Jawa Timur. Jumlahya mencapai 19 korban jiwa. Sebelas orang di antaranya merupakan penderita PE. ( adi/c20/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia