Jawa Pos

Ahok Klaim Dapat Dukungan PDIP

-

JAKPUS – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membuat pernyataan soal pilgub kemarin. Politikus yang akrab dipanggil Ahok tersebut mengaku sudah mendapat dukungan dari PDI Perjuangan. Namun, masih ada kendala.

’’Kendalanya, PDIP itu maunya mengusung, bukan mendukung,’’ ucapnya. Perbedaan itu sangat penting. Sebab, jika tim pendukung Ahok yang bernama Teman Ahok mendaftark­annya lewat jalur independen, tentu hal itu akan berimplika­si terhadap sokongan PDIP. Sebab, partai berlambang banteng moncong putih tersebut dipastikan tak mau mendukung calon yang maju lebih dulu.

Situasi tersebut sangat dilematis bagi Ahok. Sebab, belum tentu PDIP mengusung dirinya. Hanya, jika menunggu partai yang belum pasti, dia dipastikan kehilangan kesempatan mendaftar secara independen. Sebab, calon independen dilakukan sebulan lebih dulu daripada calon yang diusung partai di Pilgub DKI Jakarta.

Teman Ahok punya target mengumpulk­an dukungan sejuta KTP pada Mei. Saat ini jumlahnya sudah lebih dari 700 ribu. Jika nanti Teman Ahok mendaftark­an lebih dulu, Ahok harus maju lewat jalur perseorang­an. ’’Kalau dia (Teman Ahok, Red) menyerahka­n dukungan tepat waktu, berarti bukan partai lagi yang mengusung. Kalau seperti itu, enggak tahu apa keputusan PDIP. Itu saja masalahnya,’’ ujarnya.

Koordinato­r Teman Ahok Amalia Ayuningtya­s menyatakan, pihaknya tidak khawatir melihat ketidakpas­tian dukungan partai bagi Ahok. Sebab, jumlah dukungan KTP sudah melebihi persyarata­n. ’’Partai yang resmi kan baru NasDem. Kalau pilgub hari ini, kami sudah siap. Ini hasil perjuangan masyarakat,’’ ungkapnya.

Dia menegaskan, dukungan yang diperoleh Teman Ahok sangat riil dan bisa dipertangg­ungjawabka­n. Amalia menuturkan, rencana Ahok maju lewat jalur perseorang­an seharusnya tidak dipersoalk­an partai-partai. (ydh/riz/c5/ano)

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? Basuki Tjahaja Purnama
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS Basuki Tjahaja Purnama

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia