Jawa Pos

Telapak Tangan Siswi Madrasah Dibakar Lilin

Pelakunya Pengasuh Pesantren, gara-gara Curi Uang Rp 5 Ribu

-

PROBOLINGG­O kepada korban, CP langsung membenarka­n. Bahkan, di telapak tangan korban masih terdapat bekas luka bakar.

’’Waktu saya tanya, katanya, dia sengaja tidak cerita. Sebab, oleh Bu Nyai pesantren, dia dipesan tidak boleh cerita kepada orang tua atau pihak keluarga. Kebetulan, bapaknya sudah meninggal dan dia hanya tinggal dengan ibunya,’’ papar perempuan asal Kelurahan Mangunharj­o, Kecamatan Mayangan, Kota Probolingg­o, tersebut.

Lilik mengungkap­kan, tangan adiknya dibakar dengan menggunaka­n api lilin karena ketahuan mencuri uang Rp 5 ribu. Menurut dia, sanksi yang diberikan pihak pesantren itu berlebihan. Apalagi, adiknya masih berusia 10 tahun. ’’Selama tangannya terluka bakar, dia dirawat oleh temannya di pesantren,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kanit PPA Polres Probolingg­o Ipda Listo Utomo membenarka­n adanya laporan dugaan kekerasan terhadap anak di bawah umur. Sesuai laporan, korban mengaku telapak tangannya dibakar dengan api lilin. Tangan korban dibakar sekitar 10 menit dengan jarak sekitar 5 cm dari api lilin. Akibatnya, telapak tangan korban mengalami luka bakar.

’’Kejadianny­a Desember lalu, tetapi baru dilaporkan karena keluargany­a baru mengetahui. Di telapak tangan korban masih ada bekas luka bakar,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Listo memastikan segera menindakla­njuti laporan itu. Yaitu, melakukan visum terhadap korban dan memintai keterangan sejumlah saksi. Termasuk memanggil terlapor.

’’ Tersangka bisa dikenai pasal 76C jo 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindung­an Anak. Ancaman hukumannya maksimal 3 tahun 6 bulan,’’ tegasnya. (mas/hn/c6/dwi)

 ?? RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? BARANG BUKTI: Wahyu Endriawan menunjukka­n lobster yang disita dari seorang pengepul kemarin.
RENDRA KURNIA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI BARANG BUKTI: Wahyu Endriawan menunjukka­n lobster yang disita dari seorang pengepul kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia