Jawa Pos

Geser Maju Gerbang Tol Padalarang

-

GERBANG tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, akan mengalami perubahan. Tempat tersebut digeser lebih maju yang akan mengarah ke pintu masuk Kota Baru Parahyanga­n.

Pergesaran pintu tol itu diprediksi lebih meningkatk­an kemacetan. Sebab, kendaraan lebih menumpuk saat hendak keluar pintu tol. Kekhawatir­an akan terjadinya kemacetan yang lebih parah akan dirasakan di perempatan jalan masuk ke Kota Baru Parahyanga­n, Jalan Raya Padalarang, baik dari arah Cimareme maupun Cianjur.

Dalam kondisi saat ini, perempatan yang menjadi akses kendaraan keluar dari gerbang tol menjadi simpul kemacetan di ruas Jalan Raya Padalarang. Penggesera­n gerbang tol Padalarang itu tidak dikoordina­sikan lebih dulu dengan Dinas Perhubunga­n, Komunikasi, dan Informatik­a (Dishubkomi­nfo) Kabupaten Bandung Barat.

’’Seharusnya ada koordinasi dari pihak yang mengelola ( Jasa Marga) kepada Pemkab Bandung Barat atau ke Polres Cimahi. Kalau sudah macet, menjadi tanggung jawab kita,’’ kata Kepala dishubkomi­nfo Agus Gusmana.

Pihaknya, tambah dia, baru mengetahui gerbang tol akan digeser setelah rangka besi terpasang. Rencananya, persoalan itu dibawa ke rapat Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Bandung Barat yang beranggota dishubkomi­nfo, bappeda, dinas bina marga, Polres Cimahi, sampai unsur Muspika Padalarang.

’’Persoalan ini harus dibahas lantaran sangat berdampak pada kondisi lalu lintas di area Padalarang dan sekitarnya,’’ jelasnya.

Agus menjelaska­n, kemacetan yang terjadi di area Padalarang–Cimareme dan sekitarnya masih menyisakan persoalan. Karena itu, gerbang tol yang lebih dimajukan dipandang lebih menimbulka­n kemacetan. ’’Pintu gerbang yang dulu saja kendaraan sudah padat. Apalagi kalau kondisi sekarang,’’ paparnya. (drx/JPG/c15/diq)

 ?? ILUSTRASI: HERI OWEL/JAWA POS ??
ILUSTRASI: HERI OWEL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia