Jawa Pos

DPRD Usulkan Pegunungan Meratus Jadi Taman Nasional

-

BANJARMASI­N – Kalimantan Selatan (Kalsel) belum punya taman nasional. Karena itu, Kaukus Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mewakili kalangan DPRD mewacanaka­n agar pemerintah pusat menetapkan kawasan gugusan Pegunungan Meratus menjadi taman nasional.

Apalagi, provinsi tetangga seperti Kalimantan Tengah memiliki Taman Nasional Tanjung Puting. Kemudian, Kalimantan Timur punya Taman Nasional Kutai dan Kalimantan Barat memiliki Taman Nasional Danau Sentarum.

Anggota DPRD Kalsel yang juga Ketua Kaukus Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan Zulfa Asma Vikra menyatakan, Kalsel harus memiliki taman nasional sebagaiman­a provinsi lain. Salah satu kawasan yang bisa dijadikan taman nasional adalah kawasan Meratus.

Politikus Demokrat tersebut menuturkan, untuk mewujudkan Taman Nasional Meratus, dukungan pemerintah pusat tentu sangat diharapkan. Keinginan itu, tambah dia, akan disampaika­n ke pemerintah pusat. ’’Kami sangat berharap masyarakat adat juga mendukung,’’ ucap anggota komisi I yang membidangi pemerintah­an dan hukum itu.

Senada, Ketua DPRD Kalsel Noormilyan­i mendukung wacana menjadikan Meratus sebagai taman nasional. Tujuannya, menghindar­i terjadinya kerusakan lingkungan di kawasan Pegunungan Meratus. ’’Kami sangat mendukung. Apalagi, Kalsel belum punya taman nasional,’’ katanya.

Politikus Golkar itu berharap taman nasional tersebut tidak dikomersil­kan jika benar-benar terwujud. ’’Keberadaan taman nasional ini bisa menjadi bahan edukasi bagi anak-anak, pelajar, dan mahasiswa,’’ paparnya. (hni/yn/ram/JPG/c15/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia