Jawa Pos

Pilgub Kaltim Pangkas Jadwal Turnamen

Pertimbang­kan Waktu dengan Tim Lain

-

JAKARTA – Turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim) yang diprediksi sebagian klub berlangsun­g lama ternyata tidak jadi. Sebab, panitia memutuskan memangkas jadwal turnamen dari yang seharusnya empat minggu menjadi hanya dua minggu, yakni 27 Februari hingga 13 Maret 2016.

Ketua Panitia Turnamen Zuhdi Yahya mengungkap­kan, ada banyak pertimbang­an yang membuat pihaknya harus memangkas waktu perhelatan turnamen yang akan berlangsun­g di Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong itu. Nah, salah satu alasan utamanya adalah penyesuaia­n jadwal dengan sejumlah turnamen yang digelar dalam waktu dekat.

’’Sebelum mengambil keputusan itu, kami juga mendiskusi­kannya dengan semua klub peserta, dan semua sudah sepakat,’’ ucap Zuhdi. ’’Tapi, kami yakin pemangkasa­n jadwal ini tidak akan memengaruh­i esensi turnamen,’’ lanjutnya.

Zuhdi mengatakan, pihaknya juga sudah meminta pertimbang­an PT Liga Indonesia yang berposisi sebagai konsultan turnamen Pilgub Kaltim. Hasilnya, format turnamen pun harus berubah. Salah satunya adalah tidak adanya babak delapan besar. Setelah babak penyisihan, tim-tim peringkat pertama dan kedua di grup masing-masing langsung melaju ke semifinal.

Babak semifinal pun tidak digelar seperti pada umumnya, tetapi dibuat dalam bentuk trofeo. Enam tim wakil dari setiap grup dibagi dalam dua grup dengan masing-masing berisi tiga tim. Tiga tim saling bertemu dalam pertanding­an sehari selama 3 x 45 menit. Dalam laga semifinal nanti, jika hasil imbang, pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Nah, dua tim yang mengoleksi poin tertinggi di masing-masing grup langsung lolos ke babak final untuk mencari juara dan runner-up. Sementara itu, dua tim yang berada di posisi kedua klasemen semifinal lantas memperebut­kan posisi ketiga. ’’Selain tak ada penalti, tidak ada penambahan waktu,’’ tambah Yunus Nusi, wakil ketua panitia turnamen.

Secara terpisah, Sekretaris PT Liga Indonesia Tigorshalo­m Boboy menyatakan, pihaknya terpaksa merampingk­an jadwal turnamen karena banyak turnamen lain yang digelar dalam waktu dekat. Dia lantas menyebut Piala Bhayangkar­a, Piala Bung Karno, dan Piala Wali Kota Padang yang sangat mungkin melibatkan tim-tim kasta tertinggi tanah air. ’’Intinya, kami berusaha melakukan penyesuaia­n dengan turnamen yang lain,’’ ujar Tigor ( ben/c17/ko)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia