Jawa Pos

Lopez Favorit Juara

Tiga Tim Dunia Ikuti Tour de Langkawi 2016

-

ALOR SETAR – Tour de Langkawi merupakan salah satu balapan sepeda bergengsi di Asia. Sebagai ajang balap sepeda berlevel 2.HC (Hors Category), tentu banyak pembalap dari tim profesiona­l yang mengikuti. Salah seorang di antaranya Miguel Angel Lopez dari Astana Pro Team yang difavoritk­an menjadi juara di turnamen yang berlangsun­g pada 24 Februari hingga 2 Maret itu.

Pembalap asal Kolombia itu memang kalah dari Dayer Quintana di ajang Tour de San Luis yang berlevel 2.1 Januari lalu. Dia hanya mampu finis di urutan keempat kategori general classifica­tion (GC). Namun, dia sukses menjadi juara di kategori youth classifica­tion.

Sebelumnya, pada 2015, dia pun sukses mencatatka­n hasil bagus di ajang Vuelta a Burgos. Di ajang balapan berlevel 2.HC itu, pembalap kelahiran 1994 tersebut menempati posisi keempat kategori GC. Lopez

LAPORAN

Rakhmat Nur Hakim

Galih Cokro

dari Langkawi, Malaysia pun berhasil meraih gelar juara kategori youth classifica­tion.

Dua catatan tersebut setidaknya menggambar­kan konsistens­i performa apik yang ditunjukka­n Lopez. Usia yang masih muda tentu akan menjadi nilai tambah bagi Lopez untuk mengalahka­n lawan-lawannya.

Namun, langkah Lopez untuk meraih gelar juara tentu tak akan mudah. Sebab, dia harus menghadapi pembalap-pembalap berkualita­s lainnya. Sebut saja Jesper Hansen yang menjadi juara kategori GC di Tour of Norway pada Mei tahun lalu.

Selain Jesper Hansen, ada Janez Brajkovic. Pembalap kawakan asal Slovenia itu terus menunjukka­n performa yang bagus sepanjang 2015. Di Tour Abu Dhabi, dia mampu menempati posisi keempat kategori GC.

Pembalap kelahiran 1983 itu sebelumnya pernah memperkuat Astana Pro Team sejak 2012 hingga 2014. Namun, saat ini dia berada di tim United Health Care yang berstatus tim Pro Continenta­l sejak 2015.

CEO Le Tour de Langkawi Emir Abdul Jalal mengatakan, kehadiran para pembalap profesiona­l diharapan bisa memacu kemampuan tim-tim dari Asia. ’’Karena itu, kami memperbany­ak jumlah tim Asia yang diundang, supaya mereka bisa merasakan balapan dengan pembalap-pembalap hebat,’’ ucapnya.

Saat ini ada 22 tim peserta Tour de Langkawi 2016. Tiga tim di antaranya merupakan tim World Tour, yakni Astana Pro Team, Dimension Data, dan Tinkoff. Sebanyak 11 tim dari Asia turut meramaikan balapan ini. ’’Tahun ini komposisi timnya cukup seimbang. Saya harap para pembalap bisa mengeluark­an kemampuan terbaiknya,’’ ujarnya. (mat/c19/tom)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? PERSIAPAN: Ofisial Tour de Langkawi mengangkut bike box tim Tinkoff yang baru tiba di Bandara Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Malaysia.
GALIH COKRO/JAWA POS PERSIAPAN: Ofisial Tour de Langkawi mengangkut bike box tim Tinkoff yang baru tiba di Bandara Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Malaysia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia