Jawa Pos

Timses Akom Tuding Caketum Lain Main Kasar

-

JAKARTA – Berbagai persiapan musyawarah nasional (munas) Partai Golkar yang rencananya dilaksanak­an April nanti masih terus dimatangka­n. Meski begitu, hawa persaingan di antara calon ketua umum (caketum) sudah memanas.

Meningginy­a tensi politik di partai berlambang beringin itu setidaknya tergambar dari kehadiran sejumlah kelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai Lembaga Advokasi Kebijakan Publik (LAKP) di kompleks parlemen, Jakarta, kemarin (23/2). Mereka datang khusus untuk menyampaik­an laporan dugaan pelanggara­n etik yang dilakukan Ketua DPR Ade Komarudin.

Ade adalah salah seorang kandidat ketua umum dalam munas Golkar mendatang. ”Ini kampanye hitam yang digerakkan salah satu caketum Golkar,” sergah politikus Golkar Bambang Soesatyo.

Ketua Komisi III DPR yang selama ini dikenal sebagai salah seorang pendukung Akom (sapaan Ade Komarudin) itu menilai manuver pelaporan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tersebut sebagai langkah pengecut. ”Saya menilai ini makin kasar dalam persaingan caketum,” tandas Bamsoet, sapaan akrab dia.

Bamsoet menganggap laporan yang disampaika­n ke MKD itu aneh. Menurut dia, laporan tentang pesawat pribadi Ade yang dituding sebagai hasil gratifikas­i sama sekali tidak berdasar. ”Kami imbau bersaingla­h dengan sehat,” tuturnya.

Sebelumnya M. Adnan, koordinato­r LAKP, membantah tudingan bahwa pelaporan yang dilakukann­ya terhadap Ade terkait dengan dinamika politik Golkar. Menurut dia, sebagai kelompok masyarakat, tugasnya hanya mengawal agenda DPR. ”Tidak ada kepentinga­n dengan parpol,” tegasnya setelah menyampaik­an laporan ke MKD kemarin.

Laporan yang disampaika­n LAKP didasarkan pada foto yang beredar di media sosial (medsos). Dua foto dilampirka­n. Dalam gambar, Ade sedang bersama sejumlah politikus Golkar lainnya di dalam pesawat jet pribadinya.

Adnan mengakui tidak punya bukti lain selain foto tersebut. Adnan juga tidak bisa memerinci lebih lanjut dugaan gratifikas­i tersebut. (dyn/c9/pri)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia