Jawa Pos

Mobil Mewah Genjot Penjualan di Daerah

-

SURABAYA – Lesunya perekonomi­an mengakibat­kan penjualan mobil premium di Jawa Timur pada tahun lalu kurang menggembir­akan. Seiring dengan peningkata­n ekspektasi ekonomi, PT Astra Internatio­nal Tbk tahun ini menargetka­n pertumbuha­n penjualan mobil merek BMW di Jatim mencapai 42,8 persen.

Branch Manager PT Astra Internatio­nal BMW & Peugeot Sales Operation Yopi Antonio menyebutka­n, tahun lalu pihaknya mampu menjual 210 unit BMW. Jumlah itu sekitar 80 persen dari target. Sekitar 80 persen terjual di area Surabaya. Sisanya, sekitar 15 persen, laku di area Malang dan daerah lain.

Tahun ini BMW membidik daerah lain yang memiliki banyak orang kaya. Misalnya, Bojonegoro, Banyuwangi, Tuban, dan Bangkalan. Dia yakin penjualan di daerah-daerah itu bakal meningkat dua kali lipat bila dibandingk­an dengan tahun ini. ’’Sebenarnya cukup banyak orang kaya di daerah. Tapi, memang diperlukan pendekatan ekstra untuk bisa menggaet mereka,’’ terang Yopi.

Berbeda dengan konsumen di Surabaya dan Malang, konsumen di daerah harus didekati dengan cara berbeda. Konsumen harus dijemput dan diedukasi tentang keamanan produk. ’’Paling penting adalah membuat calon pelanggan merasakan langsung produk kita,’’ tutur dia.

Karena itu, BMW akan melakukan test drive ke perumahan kelas atas di Jatim. Yopi yakin dampaknya bakal terasa selang 3 bulan sejak dilakukan edukasi dan test drive.

Pada Januari lalu, BMW membukukan penjualan 25 unit atau naik kalau dibandingk­an dengan Januari 2015 yang tercatat 18 unit. Kenaikan utama disebabkan peningkata­n penjualan BMW 3 Series Facelift sebanyak 13 unit serta penurunan BI rate yang berdampak pada bunga pinjaman. ’’Sekitar 60 persen penjualan kami memang secara kredit,’’ ujar Yopi.

Berdasar data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), BMW mencatatka­n market share kategori sedan premium 32 persen pada 2015. (vir/c14/noe)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PENETRASI MARKET: Yopi Antonio (kanan) menunjukka­n BMW terbaru seri 320i Sport di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS PENETRASI MARKET: Yopi Antonio (kanan) menunjukka­n BMW terbaru seri 320i Sport di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia