Jawa Pos

Profit Maybank Tumbuh 61 Persen

-

JAKARTA – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) mencatat kinerja cemerlang tahun lalu. Meski pertumbuha­n kredit hanya mencapai 5,9 persen menjadi Rp 112,5 triliun, laba bersih Maybank tumbuh 60,9 persen menjadi Rp 1,14 triliun pada akhir 2015.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Tazwin Zakaria menyatakan, kinerja keuangan berasal dari peningkata­n pendapatan bunga bersih Rp 6,49 triliun. Perseroan juga mencatat peningkata­n margin bunga bersih ( net interest margin) dari 4,86 persen menjadi 4,78 persen. Artinya, perseroan disiplin mengelola bunga pinjaman serta imbal hasil atas dana pihak ketiga.

’’Kinerja yang solid ini juga berkat pertumbuha­n pendapatan nonbunga yang kuat, pencapaian luar biasa di perbankan syariah, serta upaya pengelolaa­n biaya secara disiplin,’’ katanya.

Menurut Tazwin, perseroan mencatat kenaikan fee based income Rp 2,73 triliun pada akhir 2015 dari realisasi Rp 1,94 triliun pada akhir 2014. Kenaikan pendapatan nonbunga tersebut berasal dari fee bancassura­nce, jasa layanan bank sebagai arranger dan penasihat nasabah korporasi, transaksi valuta asing, administra­si pinjaman, asuransi, dan jasa layanan perbankan lain.

Maybank juga berhasil memperkuat posisi likuiditas dan simpanan nasabah. Total simpanan nasabah berhasil tumbuh 12,7 persen dari Rp 102,49 triliun menjadi Rp 115,49 triliun. Maybank juga terus menurunkan eksposur portofolio kredit korporasi dan meningkatk­an kredit di sektor BUMN serta nasabah papan atas ( top tier).

’’Ke depan kami akan lebih memperhati­kan kualitas kredit sehubungan beberapa bisnis yang masih terkena dampak perlambata­n ekonomi serta pelemahan mata uang rupiah,’’ tutur Tazwin. (dee/c15/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia