Jawa Pos

Anak Buah Wajib Ajak Istri

-

BUKAN Bupati Abdullah Azwar Anas jika tidak bikin terobosan kreatif. Yang terbaru, bupati yang baru menerima award pariwisata dari badan PBB di Madrid, Spanyol, itu melakukan sesuatu yang unik saat pidato perdana hari ini (24/2), setelah resmi dilantik sebagai bupati Banyuwangi untuk periode kedua 2016–2021.

Pidato perdana itu tidak hanya disampaika­n di hadapan seluruh pejabat Pemkab Banyuwangi. Ternyata, Anas juga mewajibkan seluruh pejabat pemkab mengajak pasangan hidup, istri atau suami, dalam acara tersebut. Bahkan, seluruh kepala desa juga diminta hadir bersama istri masing- masing di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

Kenapa istri ikut-ikutan? Ternyata, memang ada pesan khusus yang akan disampaika­n kepada para pendamping pejabat pemkab itu. Menurut Anas, istri memiliki peran penting dalam menunjang suksesnya karir suami. ”Selain itu, istri juga diundang karena kami akan menyiapkan program jangka panjang, yakni Banyuwangi Emas,” terang suami Ipuk Festiandha­ni itu kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin.

Banyuwangi Emas adalah program menyiapkan generasi emas Banyuwangi yang terwujud 30 tahun sampai 40 tahun ke depan. Generasi Emas itu harus disiapkan mulai dari pendidikan bagi perempuan yang akan menikah hingga pembekalan bagi ibu hamil. Yang tak kalah penting adalah pendidikan parenting bagi ibu untuk mengasuh anak sejak bayi hingga tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).

Di program Banyuwangi Emas, juga disiapkan pendidikan bagi perempuan yang akan menikah. ”Jadi, nanti, setiap perempuan yang akan menikah di Banyuwangi akan mendapat pendidikan seminggu tentang segala hal menjadi istri hingga ibu rumah tangga,” jelas Anas. (sgt/bay/c11/kim)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia