Jawa Pos

Batal karena Bela Senegal

-

KALIDOU Koulibaly memang lahir di Prancis. Tepatnya di Saint-Die-des-Vosges. Dia juga pernah membawa timnas Prancis U-20 sejak 2011 hingga 2012. Namun, ketika menginjak level senior, dia memilih bermain untuk timnas Senegal. Alasannya, Senegal merupakan tanah kelahiran orang tuanya.

Nah, Koulibaly mungkin menyesali keputusann­ya memilih Senegal ketimbang Prancis. Sebab, sejak awal musim ini Didier Deschamps terus memantau permainann­ya. Arsitek timnas Prancis itu butuh pemain belakang yang solid untuk memperkuat lini pertahanan Les Blues di Euro 2016. Koulibaly masuk nominasi Deschamps. Bek Napoli itu sudah turun dalam 22 laga Serie A dan tujuh pertanding­an di Europa League. Selama bermain, Koulibaly membukukan tekel 2,1 per laga, intersep 2,7 per laga, clearance 4,1 per laga, serta blok 0,6 per laga. Statistik itulah yang membuat Deschamps tertarik.

Keinginan tersebut diutarakan ketika menjadi bintang tamu dalam sebuah acara di ’’Terjadi sebuah persaingan menarik untuk memperebut­kan tempat di lini belakang. Contohnya, ( Jeremy) Mathieu di Barcelona maupun Koulibaly di Napoli,’’ kata Deschamps polos.

Sang pembawa acara lantas memberi tahu Deschamps bahwa sejak September lalu Koulibaly membela timnas Senegal. Pemain 24 tahun itu sudah mencatat lima caps bersama Senegal. Termasuk memperkuat Senegal ketika melakoni partai kualifikas­i Piala Dunia Zona Afrika melawan Madagaskar pada November lalu.

Nah, jika mengacu pada aturan FIFA, Koulibaly tidak diperboleh­kan pindah timnas karena sudah turun pada pertanding­an resmi FIFA. Spontan, Deschamps terkejut mendengar penjelasan tersebut. ’’Benarkah? Wah, kalau begitu, mari kita lihat apa yang bisa saya lakukan,’’ tutur eks trainee Marseille dan Juventus itu. (apu/c15/bas)

 ?? TONY GENTILE REUTERS ?? (Sepuluh Besar)
Canal+. GAGAL KUDETA: Ekspresi kekecewaan Gonzalo Higuain setelah gagal memanfaatk­an
peluang ke gawang AC Milan
kemarin. MARAH: Mario Balotelli saat pemanasan jelang kickoff kemarin.
ANSA
TONY GENTILE REUTERS (Sepuluh Besar) Canal+. GAGAL KUDETA: Ekspresi kekecewaan Gonzalo Higuain setelah gagal memanfaatk­an peluang ke gawang AC Milan kemarin. MARAH: Mario Balotelli saat pemanasan jelang kickoff kemarin. ANSA
 ?? CARLO HERMANN/AFP PHOTO ?? SALAH PILIH: Kalidou Koulibaly ( kiri) mengawal bomber AC Milan M’Baye Niang.
CARLO HERMANN/AFP PHOTO SALAH PILIH: Kalidou Koulibaly ( kiri) mengawal bomber AC Milan M’Baye Niang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia