Jawa Pos

Guardini Optimistis di Stage Pertama

Hari Ini Tempuh Kangar–Baling

-

ALOR SETAR – Le Tour de Langkawi 2016 memulai stage pertama hari ini (24/2) dari Kangar menuju Baling. sejauh 166,6 km tersebut menjadi incaran pembalap Astana Pro Team Andrea Guardini. Sebab, Astana memiliki skuad yang kemampuann­ya saling melengkapi untuk memenangi balapan.

Dalam konferensi pers di Hotel Grand Alora, Alor Setar, kemarin (23/2), Guardini menyatakan optimistis bisa menjadi yang terbaik di stage pertama. Sebab, 5 km menjelang finis merupakan jalanan mendatar yang menjadi kelebihan dia. ’’Meskipun sebelum flat ada tanjakan, saya optimistis bisa menang asalkan kerja sama tim kami bagus,’’ ujar Guardini.

Guardini melanjutka­n, sebagai pemenang etape terbanyak di Le Tour de Langkawi, tentu dirinya berhasrat untuk menambah koleksi kemenangan. Apalagi, dia tengah on fire saat ini.

Meskipun, penampilan dia memang kurang bagus di Tour of Oman seminggu lalu. Namun, dua minggu sebelumnya, di Tour of Qatar, pembalap asal Italia itu mampu menunjukka­n taji. Ya, dia

LAPORAN Rakhmat Nur Hakim

Galih Cokro

dari Langkawi, Malaysia berhasil menempati posisi ketiga saat melakoni stage pertama Tour of Qatar.

Untuk mengatasi rute tanjakan, Astana lebih tenang karena ada Miguel Angel Lopez. Pembalap berusia 22 tahun itu memang bertipe climber. Tidak hanya ditugaskan untuk melahap seluruh tanjakan, Lopez juga ditarget agar mengamanka­n yellow jersey.

Empat pembalap lainnya pun punya tugas yang tidak kalah penting. Mereka diharuskan membuka jalan bagi Guardini dan Lopez. Stage pertama, tampaknya, memang akan menjadi milik Guardini.

Lopez berusaha lebih realistis menghadapi hari pertama yang memang menguntung­kan para sprinter. Pembalap bertipe climber tersebut tidak menargetka­n kemenangan. ’’Saya menunggu stage keempat. Baru di situ saya bisa bicara banyak,’’ katanya.

Ya, stage keempat memang menjadi idaman para climber. Sebab, stage yang akan dimulai dari Ipoh menuju ke Cameron Highland itu berakhir dengan tanjakan. Meski demikian, Lopez tetap mewaspadai pembalap yang lain. ’’Ini kali pertama saya mengikuti Tour de Langkawi, pastinya akan berbeda dengan balapan sebelumnya sehingga perlu perhatian lebih,’’ ucapnya. (mat/c4/tom)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? Stage RAKIT: Kokorin Vitally, teknisi tim Astana, mengecek kondisi sepeda yang akan digunakan hari ini.
GALIH COKRO/JAWA POS Stage RAKIT: Kokorin Vitally, teknisi tim Astana, mengecek kondisi sepeda yang akan digunakan hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia