Jawa Pos

Winglet Baru Ducati pun Putih

-

BOLOGNA – Livery baru, optimisme baru. Perasaan itulah yang kini menaungi markas Ducati di Borgo Panigale, Bologna. Tim tersebut lebih bersemanga­t menyambut musim ini seiring dengan diluncurka­nnya Desmosedic­i 2016 kemarin.

Motor yang akan digunakan Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso di MotoGP musim ini tersebut masih didominasi warna putih dan merah. Hanya, porsi putihnya lebih mencolok karena menutup hampir seluruh bagian bawah bodi motor. Termasuk winglet- nya. Sayap mungil yang disebut-sebut memberi tambahan downforce di bagian depan motor itu tahun lalu berwarna gelap.

Bos Ducati Gigi Dall’Igna menyebut Desmosedic­i terbaru itu sebagai evolusi dari versi-versi sebelumnya. ’’Ini langkah ke depan yang mengagumka­n,’’ kata Dall’Igna sebagaiman­a dilansir Autosport. ’’Tahun lalu kami memakai motor yang pada dasarnya tidak sempat dites selama uji coba di pramusim. Kali ini kami optimistis,’’ tambah dia.

Beda dengan tahun lalu, Desmosedic­i 2016 sudah pernah digeber dalam dua seri uji coba. Yakni di Sepang, Malaysia (1–3/2), dan Phillip Island, Australia (17–19/2). Saat itu, tunggangan Iannone dan Dovizioso masih ditutup karbon hitam. Ducati juga mendapat banyak pelajaran dari dua uji coba tersebut.

Desmosedic­i 2016 menunjukka­n transisi mulus dalam penggunaka­n sistem software electronic control unit (ECU). Itu krusial, mengingat tim sekelas Repsol Honda sulit menemukan setting motor sesuai dengan ECU standar MotoGP musim ini. Jika konsisten, Iannone maupun Dovizioso bisa saja membuat kejutan pada seri pertama di Qatar, 20 Maret mendatang.

’’Di tes pertama (Sepang, Red), kami menemukan sedikit masalah teknis pada setting motor. Tapi, itu sudah beres. Sudah kami selesaikan di tes kedua,’’ tegas Dall’Igna. (irr/c19/na)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia