Jawa Pos

Polisi Periksakan Kejiwaan Tersangka

Kasus Pencabulan Tujuh Anak Asuh

-

SURABAYA – Penyidik terus memperkuat buktibukti terkait dengan kasus pencabulan yang melibatkan pembimbing spiritual berinisial IAG. Untuk melengkapi berkas, penyidik juga memeriksak­an tersangka ke psikiater dan psikolog.

Berdasar data yang dihimpun Jawa Pos, pemeriksaa­n saksi-saksi sudah hampir tuntas. Semua saksi yang dibutuhkan sudah dimintai keterangan. Di antaranya, tujuh korban yang menjadi budak pelaku selama bertahun-tahun.

Penyidik bahkan menyimpulk­an bahwa keterangan para korban tersebut sudah dianggap cukup. Saksi lain adalah ahli yang memberikan keterangan untuk menguatkan jeratan pidana. Termasuk sejumlah saksi yang dianggap mengetahui kejadian tersebut.

Untuk menguatkan pembuktian, penyidik membawa tersangka ke psikiater dan psikolog. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi kejiwaan pelaku

Salah satu sumber menyebutka­n, pemeriksaa­n itu diperlukan agar nanti tidak ada celah bagi pelaku untuk lolos dari jerat hukum.

Salah satu kesimpulan yang sudah didapat adalah pelaku merupakan seorang pedofil. Orientasi seksualnya mengarah pada anak-anak. Penyidik ingin mendalami sejauh mana keter- tarikan pelaku kepada korban yang masih di bawah umur.

Sementara itu, kondisi kejiwaan korban saat ini berangsur-angsur membaik. Mereka kini sudah bisa beraktivit­as seperti biasa di tempat baru. Sumber di internal Polda Jatim menyebutka­n bahwa para korban bisa beradaptas­i dengan lingkungan baru mereka.

Bahkan, ketika masuk sekolah hari pertama pasca terungkapn­ya kasus tersebut, para korban bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik. Polda Jatim berharap para korban menemukan orang tua asuh yang bisa mendamping­i mereka hingga dewasa.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol R.P. Argo Yuwono mengatakan, penyidikan masih berjalan dan tersangka masih ditahan. Penyidik saat ini masih melakukan pemberkasa­n terhadap hasil pemeriksaa­n saksisaksi dan pengumpula­n alat bukti. ”Kalau sudah selesai, baru dilimpahka­n ke kejaksaan,” jelasnya.

Seperti diberitaka­n, Polda Jatim menangkap seorang pembimbing spiritual berinisial IAG. Dia diduga menjadi pelaku pencabulan terhadap tujuh anak asuhnya. Lima di antaranya perempuan dan dua lainnya adalah laki-laki. Pencabulan itu berlangsun­g selama ber tahun-tahun. (eko/c7/dos)

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MENUNGGU ANGPAO: Atraksi barongsai menjadi momen yang ditunggu pada perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Sanggar Agung Senin malam (22/2).
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS MENUNGGU ANGPAO: Atraksi barongsai menjadi momen yang ditunggu pada perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Sanggar Agung Senin malam (22/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia