Jawa Pos

Giliran Siswa Daftar SNM PTN

-

SURABAYA – Verifikasi dan perbaikan pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) oleh siswa dan sekolah berakhir kemarin (23/2). Verifikasi dan perbaikan untuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) itu ditutup pukul 23.59. Hari ini, siswa dan sekolah tidak bisa lagi melakukan verifikasi jika masih ada data yang keliru.

Humas SNM PTN dari ITS Bekti Cahyo Hidayanto mengatakan, verifikasi telah ditutup. Panitia pusat sudah memberikan kelonggara­n atau perpanjang­an waktu verifikasi yang semula hanya sampai Sabtu (20/2)

’’Tidak ada penambahan atau perpanjang­an lagi,’’ ujarnya.

Setelah pengisian dan verifikasi PDSS, proses akan berlanjut dengan pendaftara­n SNM PTN. Pendaftara­nnya dilakukan mulai Senin (29/2) hingga 12 Maret. Pada pendaftara­n itu, para siswa memilih program studi yang diminati.

Selama jeda waktu hingga pendaftara­n SNM PTN, sistem akan melakukan pemeringka­tan untuk siswa yang berhak ikut SNM PTN. Yaitu, berdasar nilai rapor mata pelajaran yang di-UN-kan mulai semester III–V. Pemeringka­tan tersebut merujuk pada kuota sesuai dengan akreditasi sekolah. Yakni, akreditasi A 75 persen, akreditasi B 50 persen, akreditasi C 20 persen, dan akreditasi lainnya 10 persen.

Setelah ditentukan pemeringka­tan siswa yang berhak ikut SNM PTN sesuai dengan kuota akreditasi sekolah, para siswa tersebut akan bersaing dalam seleksi SNM PTN. Nah, seleksi itu dilakukan berdasar semua mata pelajaran semester I–V. ’’Ini yang harus dipahami,’’ jelasnya.

Selain semua mapel semester I–V, seleksi SNM PTN dilakukan berdasar portofolio prestasi akademik lainnya. Portofolio itu bakal diunggah ketika pendaftara­n SNM PTN bagi yang berhak daftar. Indeks sekolah, kata dia, juga turut menentukan penerimaan mahasiswa. ’’ Termasuk faktorfakt­or yang ditentukan oleh PTN masing-masing,’’ terangnya.

Terkait dengan jadwal penentuan siswa yang berhak masuk SNM PTN, Bekti kurang mengetahui secara pasti. ’’Panitia nasional SNM PTN segera menginform­asikannya,’’ tuturnya. Pihaknya juga belum mengetahui model pengumuman pemeringka­tan di PTN seperti apa. Melalui login sekolah atau login setiap siswa di PDSS, atau ada cara lainnya. ’’Dalam waktu satu–dua hari ini, insya Allah sudah jelas,’’ katanya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya memastikan seluruh SMA/SMK di Surabaya sudah mengisi PDSS. Ada 134 SMA dan 104 SMK. ’’Waktu memang diperpanja­ng, tapi seluruh sekolah di Surabaya selesai sebelumnya,’’ ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dispendik Surabaya Sudarminto.

Waktu perpanjang­an digunakan sekolah untuk melakukan verifikasi ulang nilai siswa. Misalnya, yang dilakukan SMAN 6. Waka Kurikulum SMAN 6 Ety Yuniandari menerangka­n, sekolah selesai mengisi PDSS pada pekan lalu. ’’Waktu perpanjang­an ini kami gunakan untuk meneliti lagi,’’ ujarnya. ’’Kalau memang ada nilai yang kurang sesuai, dapat dibenahi. Tapi, semuanya lancar dan sudah selesai,’’ paparnya.

Ety melanjutka­n, pihak sekolah dapat membuka laman PDSS untuk melakukan verifikasi nilai siswa mulai Senin (22/2) hingga Selasa (23/2). ’’Hari sebelumnya memang ditutup sementara oleh panitia,’’ katanya. ’’Setelah itu, bisa dibuka lagi. Ya, kami cek lagi nilai siswa,’’ tambahnya. Namun, laman PDSS resmi ditutup lagi pada Selasa (22/2). (puj/bri/c19/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia