Jawa Pos

Parkir di Jalan Utama Bakal Makin Mahal

-

SURABAYA – Tarif parkir kendaraan di seluruh Surabaya bakal berubah dalam waktu dekat. Itu terjadi seiring dengan akan diterapkan­nya kebijakan parkir zona dan parkir progresif oleh Dinas Perhubunga­n (Dishub) Kota Surabaya pada pertengaha­n tahun ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Parkir Utara Zulkarnain menjelaska­n, parkir progresif adalah tarif parkir yang didasarkan pada lama waktu parkir kendaraan. Parkir zona adalah tarif parkir yang didasarkan pada wilayah parkir.

Semakin dekat lokasi parkir tersebut dengan daerah-daerah dengan kepadatan lalu lintas tinggi, makin mahal pula retribusi parkir yang dikenakan. ’’Selama ini kan tarif parkir semuanya flat, berapa pun lamanya parkir sama saja,’’ katanya.

Langkah itu, kata dia, merupakan upaya untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan utama. ’’Ini juga bertujuan membatasi agar warga tidak berlama-lama memarkir kendaraan di tepi jalan umum,’’ terangnya.

Menurut Plt Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajad, kebijakan parkir tersebut sudah diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2009. Kini dishub tinggal mene- rapkannya. Saat ini dishub sedang merampungk­an master plan pelaksanaa­n kebijakan itu. Yang dilakukan meliputi mapping lokasi, mekanisme pengelolaa­n, kajian ekonomi, hingga besaran tarif parkir yang akan diberlakuk­an. ’’Kami juga masih mempertimb­angkan akan dikelola pemkot atau swasta,’’ ucapnya.

Irvan menyebutka­n beberapa contoh lokasi yang akan menerapkan tarif khusus. Antara lain, Jalan Darmo, terutama di dekat Taman Bungkul, Jalan Kedung Doro, Jembatan Merah Plaza, dan Baliwerti.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaa­n Keuangan (DPPK) Yusron Soemartono menuturkan telah sepenuhnya menyerahka­n penerapan kebijakan tentang penyelengg­araan parkir ke dishub. ’’Itungtunga­nnya seperti apa terserah mereka (dishub),’’ ungkapnya.

Bagaimana jika sistem parkir baru itu mengakibat­kan pendapatan retribusi parkir me nu run? Yusron tidak akan mempersoal­kannya. ’’Tidak masalah selama bisa dipertangg­ungjawabka­n. Artinya, potensi pendapatan­nya benar-benar menurun,’’ ujarnya. (tau/c20/git)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia