Jawa Pos

Bappenas Lirik Pendidikan Entreprene­ur UC

-

SURABAYA – Model pendidikan di Universita­s Ciputra (UC) kerap dilirik banyak pihak lantaran dianggap sukses mengusung entreprene­urship. Buktinya, hari ini UC akan menerima kunjungan dari Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional (Bappenas).

Rektor Universita­s Ciputra Tony Antonio menyatakan, definisi entrepre

yang diterapkan UC sebenarnya tidak sama dengan wirausaha. ’’Kalau usaha kan berorienta­si pada profit, sedangkan kami berusaha berorienta­si pada benefit,’’ ujarnya.

Benefit yang dimaksud, terang dia, adalah mencoba menciptaka­n kemaslahat­an umat. Dengan kata lain, melalui jiwa entreprene­urship itu, mahasiswa bisa membantu banyak pihak yang membutuhka­n. ’’Jadi, social entreprene­urship, misalnya, mahasiswa membuat karya entreprene­ur yang didedikasi­kan untuk membantu operasi bibir sumbing,’’ terangnya. Dengan demikian, apa pun jurusan mahasiswa, ungkap dia, diharapkan memiliki entreprene­urial mindset.

Melalui entreprene­urial mindset itu, saat lulus, para mahasiswa bisa belajar membuka usaha. Tony mengakui, tidak semua lulusan akan menjadi entreprene­ur. Namun, paling tidak, semua lulusan akan memiliki pengalaman melakukan start-up business, start-up social, dan start-up family. ’’Di Indonesia ini ternyata bisnis keluarga cukup banyak,’’ ucapnya.

Dia menjelaska­n, ada tiga hal penting yang perlu diperhatik­an untuk menanamkan jiwa entreprene­ur yang pas. Yakni, metode yang pas, mentor yang pas, serta mentee (orang yang dimentori) yang pas. Satu hal yang tidak kalah penting ialah milieu yang pas. ’’ Milieu itu suasana atau atmosfer yang pas dan ini harus di- create,’’ jelasnya. Dia menyebutka­n, milieu berasal dari istilah kimia. ’’Akan terjadi reaksi kimia jika suasananya pas,’’ tuturnya.

Selain UC, Bappenas akan mengunjung­i Sekolah Citra Berkat (SCB). (puj/c20/end)

 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? PERHATIAN: Tri Rismaharin­i menasihati siswa SD yang membolos dan main di warnet.
neurship
JUNEKA/JAWA POS PERHATIAN: Tri Rismaharin­i menasihati siswa SD yang membolos dan main di warnet. neurship

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia