Jawa Pos

Reses, Ade Keliling Lagi Cari Dukungan

-

JAKARTA – Masa reses anggota dewan yang berlangsun­g mulai 18 Maret sampai 5 April bakal ”dioptimalk­an” Ketua DPR Ade Komarudin. Tidak hanya turun ke daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta, pria yang maju sebagai calon ketua umum (caketum) Golkar itu juga hendak menuntaska­n safari politiknya ke berbagai provinsi.

Sejauh ini, Ade mengaku sudah mengunjung­i 24 provinsi. ”Tinggal me- ngunjungi sepuluh provinsi lagi,” kata Ade di gedung DPR kemarin (21/3).

Sesuai dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Golkar, syarat minimal bagi seseorang untuk bisa masuk sebagai calon dalam musyawarah nasional (munas) adalah mendapat dukungan dari 30 persen pemilik suara. Sebagaiman­a diketahui, saat munas Bali, setiap dewan pimpinan daerah (DPD) II atau kabupaten/kota memiliki dua suara lewat ketua dan sekretaris. Sedangkan saat munas Ancol, suara DPD II hanya satu. Suara DPD I atau provinsi sama-sama satu.

”Syarat 30 persen itu mutlak. Itu pegangan kader partai. Yang tidak memenuhi bisa mengalihka­n ke (calon, Red) yang memenuhi,” katanya.

Wakil ketua umum Golkar tersebut optimistis bisa memenangi pertarunga­n. Salah satu indikasiny­a, acara deklarasi pencalonan­nya di Alun-Alun Utara Kota Jogjakarta pada 11 Maret lalu dihadiri 320 pe- milik suara.

”Itu menjadi titik tolak saya berjuang,” ucap pria kelahiran Pur wakarta, 20 Mei, 50 tahun lalu tersebut.

Terkait dengan kepastian tanggal pelaksanaa­n munas, Ade menyebut mulai mengerucut sebelum bulan puasa. Opsinya 7 Mei atau 12 Mei. Namun, itu belum menjadi kesepakata­n resmi. ”Biar pleno yang memutuskan. Saya sendiri setuju jika itu dilakukan awal Mei atau pertengaha­n Mei, pas lah,” katanya. (bay/c11/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia