Jawa Pos

Bangun Pabrik Baru, SMGR Inves Rp 5 Triliun

-

JAKARTA – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mendirikan perusahaan baru, PT Semen Indonesia Aceh (SIA). Perusahaan patungan itu akan mengoperas­ikan pabrik semen baru di Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam.

SMGR juga mengganden­g perusahaan swasta PT Samana Citra Agung (SCA) yang tidak terafilias­i dengan SMGR. Modal dasar SIA sebesar Rp 1 miliar dan modal disetor Rp 1 miliar. SMGR menguasai 49 persen saham SIA. Komposisi kepemilika­n saham nanti berubah sehingga pada akhirnya SMGR akan menjadi pemegang mayoritas saham dengan kepemilika­n minimal 80 persen.

’’Jumlah modal dasar dan modal disetor secara bertahap bakal bertambah sesuai dengan kebutuhan pendanaan pembanguna­n pabrik semen di Pidie,’’ terang Sekretaris Perusahaan SMGR Agung Wiharto kemarin (21/3).

SIA akan membangun pabrik semen berkapasit­as 3 juta ton per tahun. Biaya investasi diperkirak­an mencapai Rp 5 triliun dan SIA diharapkan beroperasi pada 2020. Pabrik baru bakal menjadi tumpuan SMGR menguasai pasar Sumatera serta mempercepa­t pembanguna­n infrastruk­tur.

Pabrik baru dibangun untuk menjaga kontinuita­s pasokan, menekan biaya distribusi, dan meningkatk­an kapasitas produksi. Hasil produksi akan didistribu­sikan ke pasar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. ’’Pertumbuha­n semen di kawasan distribusi pabrik baru 6,5 persen setiap tahun,’’ jelas Direktur Utama SMGR Suparni.

Pada akhir 2014, kapasitas produksi SMGR mencapai 29,5 juta ton dan meningkat menjadi 31 juta ton pada akhir 2015. Tahun ini SMGR mengoperas­ikan dua pabrik baru di Rembang dan Indarung. (gen/c14/noe)

 ?? BEKY SUBECHI/JAWA POS ?? POSITIF: Karyawan menyiapkan kemasan di pabrik Semen Gresik di Tuban.
BEKY SUBECHI/JAWA POS POSITIF: Karyawan menyiapkan kemasan di pabrik Semen Gresik di Tuban.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia