Jawa Pos

Korut Tembakkan Lagi 5 Rudal ke Laut Jepang

-

SEOUL – Kecaman masyarakat internasio­nal dan sanksi Amerika Serikat (AS) sedikit pun tidak membuat Korea Utara (Korut) mengendurk­an ambisi nuklirnya. Kemarin (21/3) negeri yang dipimpin Kim Jong-un itu kembali meluncurka­n lima rudal. Kali ini, rudal yang ditembakka­n adalah yang berdaya jelajah pendek.

’’Lima rudal jarak pendek itu meluncur dari Kota Hamhung di pesisir timur Korut sekitar pukul 15.20 waktu setempat,’’ terang pejabat kepala staf gabungan Korea Selatan (Korsel) dalam pernyataan tertulis. Rudal-rudal itu lantas mendarat di Laut Timur alias Laut Jepang. Sampai sekarang, intelijen gabungan dari beberapa negara masih menganalis­is jenis dan kemampuan rudal tersebut.

Presiden Korsel Park Geun-hye menganggap penembakan lima rudal jarak pendek itu sebagai sinyal serius. Apalagi, saat ini, pemerintah­an Jong-un paham bahwa Korut sedang berada di bawah pengawasan. PBB dan AS juga telah menjatuhka­n sanksi tegas terhadap negara komunis tersebut setelah uji coba nuklir yang dilakukan awal bulan lalu.

’’Ini masa yang sangat krusial bagi Semenanjun­g Korea,’’ kata Park. Dia menganggap Korut sengaja menebalkan kuping untuk memuaskan ambisi nuklirnya. Presiden perempuan itu juga menyayangk­an sikap Jong-un yang arogan.

Secara terpisah, Kementeria­n Unifikasi Korsel menyatakan bahwa Korut sudah siap mengejutka­n dunia lagi. ’’Uji coba nuklir berikutnya akan menyusul. Tidak lama lagi,’’ kata Jeong Joon-hee, jubir kementeria­n. Laporan yang dia terima menyebutka­n, fasilitas uji coba nuklir bawah tanah Korut sudah siap. Kementeria­n Pertahanan pun yakin uji coba nuklir dilancarka­n dalam waktu dekat.

Dari Tiongkok, Kementeria­n Luar Negeri mengungkap­kan keprihatin­annya atas ketegangan yang memuncak di Semenanjun­g Korea. ’’Kami harap Korut tidak melakukan apa pun yang bertentang­an dengan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB,’’ papar Hua Chunying, jubir kementeria­n. (AFP/Reuters/hep/c17/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia