Jawa Pos

Hujan Deras, AlunAlun Tergenang

-

PROBOLINGG­O – Hujan deras yang mengguyur Kota Probolingg­o Minggu malam (20/3) hingga kemarin dini hari (21/3) mengakibat­kan sejumlah lokasi tergenang. Di antaranya, alun-alun kota, halaman SD Negeri Sukabumi 2, dan Kampung Dok di Kelurahan/Kecamatan Mayangan.

Menurut Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolingg­o Amin Fredy, sejumlah kawasan di kota memang rentan banjir. ’’Kampung Dok itu memang langgangan banjir. Upaya pemerintah untuk membersihk­an saluran air juga tak membuahkan hasil,’’ ujarnya kemarin.

Selain itu, kata Amin, hujan turun bersamaan dengan air laut yang pasang. Akibatnya, air bah kembali menggenang­i Kampung Dok. Terkait kawasan alun-alun, Amin menyebut kondisi lahan memang lebih rendah. ’’Jadi, saluran air perlu dibersihka­n. Juga, harus ada penyesuaia­n tinggi permukaan tanah,’’ tuturnya. Selain itu, alun-alun perlu dibuatkan lubang biopori ukuran 4 sentimeter dengan kedalaman 1,5 meter. Lubang tersebut kemudian diberi pipa.

Secara terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Probolingg­o Tutang Heru Aribowo mengungkap­kan, kawasan alun-alun memang tergenang karena hujan deras yang mengguyur pada malam sebelumnya. Terkait saluran air di alun-alun, dia akan membahasny­a dengan dinas pekerjaan umum (PU).

Sementara itu, Kabid Pertamanan BLH Soemarno menilai genangan di alun-alun disebabkan kondisi gorong-gorong yang tidak bisa menampung debit air. ’’Genangan air di alun-alun sulit keluar karena ketinggian­nya sama,’’ paparnya. (put/rf/c15/dwi)

 ?? ZAINAL ARIFIN/JAWA POS RADAR BROMO ?? JADI KOLAM: Kondisi Alun-Alun Kota Probolingg­o yang tergenang kemarin pagi setelah diguyur hujan deras.
ZAINAL ARIFIN/JAWA POS RADAR BROMO JADI KOLAM: Kondisi Alun-Alun Kota Probolingg­o yang tergenang kemarin pagi setelah diguyur hujan deras.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia