Jawa Pos

Kejar Target Desember

-

JAKSEL – Kemacetan Jakarta terus diurai Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya dengan mempercepa­t pengerjaan pembanguna­n jalan layang bus Transjakar­ta Koridor XIII Ciledug–Tendean.

Apalagi, proyek besar untuk moda transporta­si di Jakarta itu ditargetka­n sudah bisa digunakan pada awal 2017. Memasuki minggu keempat Maret, progres pembanguna­n jalan sepanjang 9,3 kilometer itu sudah mencapai 55,6 persen.

Kini pengerjaan jalan yang membentang dari Ciledug sampai Tendean tersebut sudah sampai pada struktur atas atau pengangkat­an segmental box girder (SGB). girder atau beton pun sudah mulai menghubung­kan tiang penyangga lokasi tersebut. Misalnya, pada perempatan di Bulungan. Pembanguna­n di titik itu bisa dikatakan sudah selesai. Sebab, SBG telah tersambung satu sama lain.

Menurut pengawas lapangan Paket Taman Puring Dadang Juanda, pihaknya saat ini masih mengerjaka­n closure. ’’Kami mengisi bagian yang belum seutuhnya menyatu. Setelah ini, baru di- stressing dan ungkap Dadang kemarin (21/03).

Dalam pengerjaan itu, pihaknya masih melakukan rekayasa lalu lintas. Terutama saat malam. Sebab, pengerjaan­nya dengan menggunaka­n alat berat berupa crane 50 dan crane 25 memakan banyak ruas jalan. Alat tersebut dipakai untuk membantu pemasangan alat cetak beton penyambung atau closure yang mempertemu­kan dua sambungan dari double SBG.

Menurut Dadang, pembanguna­n di daerah Bulungan itu akan menimbulka­n kemacetan. Sebab, ada crane yang aktif saat malam. Dia menuturkan, setelah memasang bekisting closure, pekerja menurunkan lifter atau alat pengangkat SBG. ’’Setelah itu, selesai semua normal kembali,’’ ujar Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal mengungkap­kan, pihaknya optimistis pengerjaan jalan layang non-tol itu rampung pada Desember. (glo/c7/ano)

 ?? EDI ISMAIL/JAWA POS ?? Box
grouting,’’
bekisting SULIT TERURAI: Kemacetan di Jakarta yang tak kunjung tuntas. Pemprov DKI kini mempercepa­t sejumlah proyek infrastruk­tur untuk mengurai kemacetan.
EDI ISMAIL/JAWA POS Box grouting,’’ bekisting SULIT TERURAI: Kemacetan di Jakarta yang tak kunjung tuntas. Pemprov DKI kini mempercepa­t sejumlah proyek infrastruk­tur untuk mengurai kemacetan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia