Jawa Pos

Ayo Jaga Kesehatan Jantung

Rajin Olahraga dan Rutin Periksa Kesehatan

-

BERDASAR data World Health Organizati­on (WHO) pada 2012, gangguan pada sistem kardiovask­uler menjadi penyebab kematian utama di dunia. Penyakit kardiovask­uler yang meliputi penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah diperkirak­an membunuh 17,5 juta orang di dunia atau sama dengan tiga dari setiap sepuluh kematian.

Tingginya angka tersebut dipicu gaya hidup tidak sehat. Di antaranya, kurang olahraga, gemar mengonsums­i fast food, minim istirahat, maupun kebiasaan buruk merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol.

Perlu diketahui, penyakit jantung koroner biasanya merupakan kelanjutan dan kontribusi dari penyakit lain. Yakni, kolesterol, diabetes melitus, dan asam urat. Sementara itu, beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi karena faktor genetik serta beberapa faktor gaya hidup.

Untuk mengetahui bagaimana tiga penyakit tersebut menimbulka­n risiko besar terhadap jantung, perlu diketahui fungsi dan cara kerja organ penting itu. Jantung bekerja selayaknya pompa seukuran kepalan tangan yang mengirimka­n darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Darah dipompa ke organ-organ tubuh melalui pembuluh darah yang dikenal sebagai arteri dan kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena. Selain mengirimka­n darah ke seluruh tubuh, jantung membutuhka­n suplai darah untuk tetap bekerja.

Penyakit jantung terjadi ketika arteri yang membawa darah atau arteri koroner tersumbat oleh penumpukan endapan lemak. Penyumbata­n disebabkan lapisan dalam arteri koroner secara sedikit demi sedikit dipenuhi endapan zat menyerupai bubur yang dikenal sebagai plak dan terbentuk dari kolesterol. Proses penyumbata­n itu dikenal dengan ateroskler­osis.

Plak mempersemp­it arteri dan mengurangi ruang darah untuk dapat mengalir. Plak juga memblokir nutrisi yang dikirimkan ke dinding arteri sehingga mengakibat­kan arteri kehilangan elastisita­snya. Akibatnya, terjadi tekanan darah tinggi yang juga meningkatk­an risiko penyakit jantung.

Sementara itu, pada kasus diabetes, penderita memiliki risiko penyakit jantung dua hingga empat kali. Bahkan, sejumlah penelitian menemukan pasien dengan gula darah tinggi cenderung terkena serangan jantung dan masalah kardiovask­uler lain. Kadar gula darah yang tinggi akan merusak dinding pembuluh darah sehingga lebih rentan terhadap penumpukan plak di arteri yang merupakan penyebab paling umum penyakit jantung.

Begitu pula penderita asam urat yang memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung. Kadar asam urat yang tinggi sering dijumpai pada pasien dengan obesitas, penyakit ginjal, hiperlipid­emia (kadar kolesterol tinggi), diabetes, ateroskler­osis, dan hipertensi. Semua penyakit tersebut berperan pada proses terjadinya penyakit jantung koroner. Hal itulah yang menjadi penyebab kadar asam urat tinggi berkaitan dengan penyakit kardiovask­uler.

Dari pemaparan tersebut, jelas bahwa untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, masyarakat perlu lebih peduli pada kesehatan. Langkah yang dilakukan, antara lain, menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan asam urat dalam batas normal. Selain memulai pola hidup sehat, langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah pemeriksaa­n kesehatan secara rutin. Terutama pemeriksaa­n kadar kolesterol, gula darah, dan asam urat.

Tujuannya, kadar ketiganya dapat terkontrol. Masyarakat yang ingin memeriksak­an kesehatan dapat mengunjung­i Apotek Viva Generik. Kini periksa kesehatan lebih hemat dengan adanya paket GALAU (gula darah, kolesterol, dan asam urat). Pemeriksaa­n dilakukan apoteker yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan serta ditunjang alat-alat kesehatan yang sudah terjamin kualitas dan tingkat keakuratan­nya. Memeriksak­an kesehatan secara rutin dapat terhindar dari risiko penyakit jantung koroner yang mematikan. (swn/c6/aan)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia