Jawa Pos

Tuding Klub Mengeksplo­itasi Pemain

Agenda laga uji coba internasio­nal mulai bergulir pekan ini. Agenda tersebut merupakan sarana bagi kontestan Euro 2016 untuk memanaskan mesin perang. Sayang, badai cedera telah mereduksi kekuatan beberapa tim kontestan.

-

GAMBARAN soal skuad yang bakal dibawa ke Prancis ( Euro 2016) sebetulnya sudah ada dalam benak pelatih timnas Belgia Marc Wilmots. Dalam sebuah wawancara dengan media lokal Belgia

Wilmots mengatakan bahwa skuad yang dibawa ke Prancis adalah mereka yang kerap menjadi penggawa inti di babak kualifikas­i. Artinya, nama-nama seperti Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Eden Hazard, dan Kevin de Bruyne sudah mendapat garansi.

”Biasanya saya memilih pemain bergantung apa yang dita- mpilkan di klub serta bagaimana mereka bermain dalam laga kualifikas­i,” kata Wilmots.

Sayang, empat nama yang sudah mendapat garansi di skuad De Rode Duivels –julukan timnas Belgia– itu harus menepi. Yakni, saat Belgia menghadapi Portugal di King Baudouin Stadium Selasa depan (29/3). Empat pemain tersebut terelimina­si karena cedera yang diderita saat membela klub.

Absennya empat pemain itu membuat Wilmots kalang kabut. Pasalnya, mereka adalah pilar di posisi masing-masing. Kompany dan Vertonghen misalnya. Keduanya adalah tembok yang menghadang serangan lawan. Lalu, Hazard dan De Bruyne adalah motor serangan di lini tengah. Kombinasi Hazard dan De Bruyne sepanjang kualifikas­i lalu telah menghasilk­an 10 dari 24 gol Belgia.

”Saya sudah meminta Eden (Hazard) untuk beristirah­at. Dia bakal absen tiga atau empat pekan,” tutur pelatih 47 tahun itu

TUMBAL KLUB: Kevin de Bruyne (foto bawah) tergeletak akibat cedera lutut pada semifinal Piala Liga (27/1). Diego Costa memegangi kakinya yang cedera.

seperti dilansir Sky Sports. ”Ini (cedera Hazard) tak akan terjadi kalau klub tak memforsir tenaga pemain,” kecamnya.

Untuk melapisi peran keduanya, Wilmots bakal memasang adik Hazard, Thorgan Hazard, untuk mengi- si winger kiri. Sementara itu, posisi

kanan bakal ditempati Axel Witsel (Zenit St Petersburg) atau Yannick Carrasco (Atletico Madrid).

Belgia juga bukan satu-satunya negara yang dihantam badai cedera. Inggris misalnya. Tim asuhan Roy Hodgson itu terancam ke

hilangan enam pemain yang kerap diturunkan dalam laga kualifikas­i dan uji coba. Sebut saja Wayne Rooney, Luke Shaw, Joe Hart, Raheem Sterling, Alex Oxlade-Chamberlai­n, dan Jack Wilshere. Dari enam nama tersebut, hanya Sterling yang mungkin bisa pulih pada pekan ini.

Spanyol pun setali tiga uang. Mereka harus menyingkir­kan Diego Costa dan Andres Iniesta. Menurut Spanyol Vicente del Bosque, Costa terpaksa dicoret karena masih menjalani pemulihan cedera pinggul.

Namun, ada versi lain yang membuat Del Bosque mencoret Costa. Menurut pengamat sepak bola Spanyol Guillem Balague, bomber Chelsea itu dicoret setelah mengigit Gareth Barry. Itu terjadi saat Chelsea dikalahkan 0-2 oleh Everton pada babak keenam Piala FA (12/3).

”Itulah cerita besarnya. Tidak ada masalah dengan Costa, namun Del Bosque tidak memanggiln­ya,” kata Balague kepada ”Pelatih merasa perlu untuk melakukan hal itu. Sebab, dia mengingink­an semua timnya bisa berperilak­u baik ketika bertanding,” ulasnya.

Del Bosque jelas membantah hal tersebut. Pelatih yang membawa Spanyol kampiun di Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 itu kecewa lantaran Chelsea mengeksplo­itasi tenaga Costa. ”Dia (Costa) sudah mengalami masalah dengan otot Namun, karena Chelsea membutuhka­n Diego untuk laga yang penting, mereka memaksanya untuk kembali bermain. Akibatnya, dia kembali cedera,” keluh Del Bosque seperti dilansir

Tergerusny­a kekuatan kontestan tak hanya melulu soal cedera. Prancis misalnya. Mereka harus kehilangan Karim Benzema dan gelandang Mathieu Valbuena. Bukan hanya di laga uji coba. Bahkan, pada putaran final Juni mendatang, keduanya tetap tak masuk

Pelatih Didier Deschamps terpaksa mencoret keduanya karena keterlibat­an dalam kasus video porno. (apu/c10/bas)

 ?? IKIMAGES/AFP PHOTO
PAUL ELLIS/ AFP ?? Nieuwsblad,
host
Het
flank
entrenador
Sky Sports.
list.
quadriceps.
Daily Mail.
IKIMAGES/AFP PHOTO PAUL ELLIS/ AFP Nieuwsblad, host Het flank entrenador Sky Sports. list. quadriceps. Daily Mail.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia