Jawa Pos

Skenario Absen demi El Clasico

-

GARETH Bale tampil sebagai starter saat Real Madrid menjamu Sevilla kemarin. Dia bahkan menyumbang satu gol pada menit ke-66. Fakta itu menunjukka­n bahwa tak ada kendala kebugaran pada Bale.

Tapi, keputusan mengejutka­n diambil Chris Coleman pekan lalu. Pelatih timnas Wales itu mencoret nama Bale dalam skuad yang akan diturunkan untuk uji coba melawan Irlandia Utara (24/3) dan Ukraina (28/3). Coleman beralasan, Bale perlu istirahat untuk memulihkan kondisinya setelah dihantam cedera betis. Namun, alasan itu dinilai mengada-ada.

Sebab, sepanjang pekan lalu, Bale dua kali tampil sebagai starter. Ya, sebelum laga dengan Sevilla, Bale menjadi starter saat Real melawan Las Palmas (14/3).

Ada dugaan, Coleman mendapat desakan dari Real agar tak memanggil Bale. Pasalnya, tiga hari setelah agenda laga internasio­nal, Real akan menjalani El Clasico (duel klasik) melawan Barcelona di Camp Nou. Laga itu berlangsun­g pada 3 April mendatang.

Coleman membenarka­n dugaan tersebut. Dia mengakui bahwa ada deal dengan Zinedine Zidane (pelatih Real) sebelum dirinya memutuskan nama-nama yang masuk list uji coba.

’’Itu (mencoret Bale, Red) me- mang keputusan bersama dengan Zidane,’’ kata Coleman kepada Walesonlin­e. ’’Kami mencari solusi yang terbaik buat Bale, Wales, dan Real. Saya yakin, dia akan menda- pat keuntungan dari kondisi sekarang,’’ paparnya.

Coleman membantah rumor bahwa Bale tak punya motivasi bermain dalam laga uji coba. ’’Jika kalian melihat rekor yang dibuatnya, saya percaya dia bukanlah tipe pemain yang suka mangkir, kecuali dia benar-benar terpaksa,’’ tegas Coleman seperti dilansir BBC.

Jika Real dan Coleman membenarka­n adanya skenario absen untuk El Clasico, Barcelona sebaliknya. Mereka membantah habis-habisan isu bahwa Andres Iniesta absen dalam laga uji coba bulan ini karena persiapan untuk El Clasico. ’’Dia (Iniesta, Red) benar-benar cedera. Dia cedera otot,’’ tandas Luis Enrique, pelatih Barcelona, kepada Marca. Hal yang sama disampaika­n en

Spanyol Vicente del Bosque. Menurut dia, Iniesta sudah meminta izin untuk absen karena cedera otot. ’’Dia mengaku tidak nyaman. Jadi, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko dengan tidak memanggiln­ya,’’ kata Del Bosque seperti dilansir Associated Press. (apu/c5/bas)

 ?? SERGIO PEREZ/REUTERS ?? PILIH ISTIRAHAT: Aksi Gareth Bale (kiri) saat berusaha menaklukka­n kiper Sevilla Sergio Rico di Santiago Bernabeu kemarin.
trenador
SERGIO PEREZ/REUTERS PILIH ISTIRAHAT: Aksi Gareth Bale (kiri) saat berusaha menaklukka­n kiper Sevilla Sergio Rico di Santiago Bernabeu kemarin. trenador

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia