Jawa Pos

Bisa Juga untuk Osteoarthr­itis

-

JIKA dibandingk­an dengan operasi konvension­al, arthroscop­y memiliki banyak keunggulan. Selain meminimalk­an resiko, arthroscop­y dapat membuat sudut visual yang dibutuhkan oleh dokter menjadi lebih luas dan detail. Jika MRI hanya memberikan hasil pencitraan ( mampu melakukan visualisas­i langsung untuk mengetahui ukuran, posisi, hingga potensi gangguan yang disebabkan oleh cedera.

Kamera arthroscop­y akan memudahkan evaluasi di semua sudut dan daerah yang ingin dievaluasi. ”Melalui teknik itu, dokter bisa melakukan penjahitan pada sendi atau kapsul yang robek, melakukan rekonstruk­si terhadap ligamen, dan cukup menggunaka­n regional anestesi sehingga pasien pun dapat melihat secara langsung proses operasi melalui monitor yang ada,” jelas Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatolo­gi dr Teddy Heri Wardhana SpOT(K).

Tindakan arthroscop­y ini dapat dilakukan secara day surgery. Untuk kasus yang tidak terlalu berat, operasi dilakukan dalam waktu singkat. Setelah efek bius hilang, pasien diperboleh­kan pulang. Tentu hal tersebut dibarengi dengan komitmen pasien untuk menjaga kondisi selama masa pemulihan.

Teknik yang sama bisa dilakukan terhadap penderita pengapuran sendi ( Untuk kasus yang masih ringan pada grade satu hingga tiga, dokter akan melakukan proses pembersiha­n pada daerah persendian, dan apabila dilakukan rekonstruk­si hanya membutuhka­n waktu sekitar dua jam.

Teddy menyaranka­n, untuk pasien yang telah menjalani operasi dapat melanjutka­n dengan program fisioterap­i agar mendapatka­n hasil yang optimal. Diharapkan setelah tiga bulan pascarekon­struksi ligamen, pasien dapat kembali berolahrag­a seperti sebelumnya. ”Dengan tehnik minimal ini, kami berharap seorang atlet yang melewati tindakan rekonstruk­si bisa kembali ke aktivitasn­ya sebagai olahragawa­n dan berprestas­i kembali,” ucap dia. (nad/c11/aan)

Spesialis Ortopedi dan Traumatolo­gi

 ?? NADIA HANUM/JAWA POS ?? imaging), arthroscop­y
osteoarthr­itis).
arthroscop­y,
invasive
one
softball
elevation,
treatment
injury
compressio­n
sport
minimally invasive surgery
scopy
arthroscop­y
arthro-
NADIA HANUM/JAWA POS imaging), arthroscop­y osteoarthr­itis). arthroscop­y, invasive one softball elevation, treatment injury compressio­n sport minimally invasive surgery scopy arthroscop­y arthro-
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia