Jawa Pos

Undian Begitu Menguntung­kan

-

JAKARTA – Tim Indonesia mendapatka­n hasil bagus dalam

Piala Thomas dan Uber 2016 di Tonino Lamborghin­i Hotel, Kunshan, kemarin (21/3). Merah Putih terhindar dari tim-tim raksasa dunia dalam ajang yang digelar di Kunshan, Tiongkok, pada 15–22 Mei mendatang tersebut.

Untuk tim Thomas, Indonesia yang menjadi unggulan keempat sudah pasti tidak satu grup dengan unggulan pertama sampai ketiga, yakni Tiongkok, Denmark, dan Korea Selatan. Indonesia akhirnya berada di grup B bersama tiga tim Asia: India, Thailand, dan Hongkong. Tommy Sugiarto dkk beruntung tidak bersama tim terkuat di luar zona empat besar, Jepang.

Sementara itu, tim Uber Indonesia yang menjadi unggulan keenam terhindar dari tiga tim terkuat, yakni Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Indonesia tergabung dengan unggulan keempat Thailand plus Bulgaria dan Hongkong.

Dengan komposisi tersebut, tim Thomas sangat berpeluang menjadi juara grup. Sebab, kekuatan tiga tim pesaing tidak selengkap Indonesia dalam pertanding­an beregu.

Pesaing terkuat Indonesia adalah India. Di sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto sangat mungkin diganjal Srikanth Kidambi. Meski unggul rekor pertemuan melawan Srikanth (3-2), Tommy kalah pada pertanding­an terakhir di kualifikas­i Piala Thomas.

Keunggulan Indonesia masih terletak pada sektor ganda putra. Indonesia memiliki banyak stok pasangan berkualita­s. Ranking kedua dunia Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan masih menjadi tulang punggung Merah Putih.

Sebaliknya, ganda terbaik India, Manu Attri/B. Sumeeth Reddy, baru berada di ranking ke-19 dunia. Bahkan, dua pasangan pelapis Ahsan/Hendra, yakni Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Markus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di atas kertas lebih unggul atas Attri/Reddy. Angga/Ricky berada di peringkat ke-12 dunia dan Markus/Kevin menempati urutan ke-16 dunia.

Sementara itu, tim Uber Indonesia jelas harus mewaspadai India Thailand Hongkong Korsel Malaysia Inggris Jerman Denmark Taipei Selandia Baru Afrika Selatan Thailand sebagai lawan terberat di grup C. Secara materi pemain, khususnya di sektor tunggal putri, Thailand memang lebih baik. Ratchanok Intanon dan Busanan Ongbumrung­pan memiliki peringkat dunia lebih tinggi ketimbang Maria Febe Kusumastut­i dan Linda Wenifanetr­i.

Intanon dan Ongbumrung­pan masing-masing berada di peringkat ke-5 dan ke-17 dunia. Sedangkan Tiongkok Denmark Spanyol Malaysia Febe dan Linda menempati ranking ke-21 dan ke-23 dunia.

Menanggapi hasil undian tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky menyatakan, tim Thomas dan Uber tetap harus berhati-hati meski diuntungka­n dengan hasil undian. Menurut dia, strategi yang digunakan harus benarbenar mempertimb­angkan keunggulan Indonesia.

BKorsel Taipei Mauritius Amerika Serikat

Thailand Bulgaria Hongkong Jepang India Australia Jerman

Di tim Thomas, Indonesia jelas unggul di sektor ganda. Karena itu, yang krusial adalah penentuan pemain di sektor tunggal. ’’Kalau pemilihan pemain tepat, saya rasa Indonesia tetap bisa mengunggul­i India di sektor tunggal,’’ katanya.

Untuk tim Uber, Rexy mengakui Thailand merupakan lawan yang berat. Terlebih, mereka lebih unggul atas Indonesia di segala sektor. Meski tim uber Indonesia memiliki Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, pasangan pelapis mereka, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istirani, belum mampu mengimbang­i. ’’Thailand memang berat. Namun, kami masih berpeluang besar menang atas Hongkong dan Bulgaria,’’ tutur Rexy.

Hal senada disampaika­n Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto. Menurut dia, Indonesia berpeluang besar untuk sekadar lolos ke babak perempat final. Namun, itu semua membutuhka­n konsistens­i dari seluruh pemain. ’’Di zaman sekarang, bulu tangkis menjadi sulit diprediksi,’’ ujarnya.

Nantinya, hanya dua tim terbaik di tiap-tiap grup yang berhak lolos ke babak perempat final. Pada babak perempat final, akan diadakan pengundian ulang. Juara grup akan bertemu runnerup grup. Karena itu, tim Piala Thomas dan Uber harus matimatian menjadi juara agar terhindar dari tim unggulan di babak delapan besar. (mat/c17/nur)

 ?? NAFIELAH MAHMUDAH/PBSI ?? draw-
ANDALAN UTAMA: Ganda putri Greysia Polii/Nitya Maheswari menjadi satu-satunya sektor yang bisa diandalkan tim Uber Indonesia.
NAFIELAH MAHMUDAH/PBSI draw- ANDALAN UTAMA: Ganda putri Greysia Polii/Nitya Maheswari menjadi satu-satunya sektor yang bisa diandalkan tim Uber Indonesia.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? NOMOR SATU: Triyanings­ih berselebra­si setelah finis pertama pada lomba lari nomor 5.000 meter SEA Games 2015.
ing
ANGGER BONDAN/JAWA POS NOMOR SATU: Triyanings­ih berselebra­si setelah finis pertama pada lomba lari nomor 5.000 meter SEA Games 2015. ing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia