Jawa Pos

Direvisi, Pengembang­an Bandara Juanda

-

SURABAYA – Pengembang­an Terminal 3 Bandara Juanda mengalami perubahan masterplan. Angkasa Pura (AP) I pusat merevisi kapasitas daya tampung terminal dan dua landasan pacu baru. Mengingat target kapasitas tiga terminal, yakni T1,T2, dan T3, nantinya menjadi 150 juta penumpang per tahun, perencanaa­n harus matang sebelum direalisas­ikan di lapangan. Selama ini pengembang­an T1 dan T2 baru bisa

12,5 juta penumpang per tahun. Dengan demikian, besarnya perluasan T3 berkali lipat dibandingk­an terminal sebelumnya.

Selain terminal, AP I akan membangun double runway yang 60 persen lahannya didapat dari reklamasi pesisir timur Sedati, Sidoarjo. Posisi double runway mungkin mengapit landasan pacu lama sepanjang 3 kilometer dengan lebar 45 meter. Yang terbaru, dimensi dua runway anyar didesain masingmasi­ng menjadi 3.800 x 60 meter. ’’Ada penambahan panjang dan lebar runway agar dapat didarati pesawat sekelas Airbus seri 380,’’ jelas General Manager AP I Juanda Yuwono kemarin (21/3).

Pengalaman pembanguna­n T2 yang molor dari target salah satunya akibat revisi kapasitas terminal. Kala itu pembanguna­n baru dimulai setelah groundbrea­king pada 1 Desember 2011. Kapasitas T2 semula didesain 4 juta penumpang per tahun. Dalam perkembang­annya, kapasitasn­ya menjadi 6 juta penumpang per tahun. Pengoperas­ian terminal internasio­nal itu akhirnya diresmikan pada 14 Februari 2014.

Ada penambahan panjang dan lebar runway agar dapat didarati pesawat sekelas Airbus seri 380.”

General Manager AP I Juanda

Yuwono yang juga mantan wakil komandan pusat penerbanga­n TNI-AL itu mengungkap­kan, jumlah penumpang yang menggunaka­n jasa bandara di Sedati, Sidoarjo, selama 2015 mencapai 17.143.911 orang. Artinya, kondisi overload tidak terhindark­an. Salah satu keseriusan BUMN pengelola bandara wilayah Indonesia Timur itu berupa finalisasi masterplan bersama Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo. Perluasan T3 juga mengacu pada studi kawasan keselamata­n operasi penerbanga­n (KKOP).

Dalam pertemuan manajemen AP I dengan Pemprov Jatim akhir Februari lalu, pengembang­an Juanda direncanak­an tiga tahap. Pada tahap ketiga berupa penyelesai­an akhir terminal dan infrastruk­tur penunjang airport city. Banyaknya tahap yang harus dilalui membuat jajarannya mematangka­n masterplan lebih dulu. T3 maupun dua landasan pacu baru harus saling terintegra­si dengan lokasi T1 dan T2. Kondisi itu belajar dari pengalaman belum tersambung­nya T2 dengan akses tol Waru– Juanda. (sep/c15/end)

Yuwono

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BERSIH-BERSIH: Satpol PP membongkar reklame yang menutupi bentuk asli bangunan cagar budaya.
ngampu
DITE SURENDRA/JAWA POS BERSIH-BERSIH: Satpol PP membongkar reklame yang menutupi bentuk asli bangunan cagar budaya. ngampu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia