Jawa Pos

Bekuk Pelaku Penggelapa­n Mobil di Rumah Makan

-

SURABAYA – Akal Wahyu Ponco Agung Darmanto untuk memenuhi kebutuhan hidupnya cukup cerdik. Dia menyambang­i berbagai tempat persewaan mobil, lalu menggadaik­annya ke orang lain. Uang hasil gadai itu dibayarkan untuk menambal biaya sewa.

’’Jadi, saya gali lubang tutup lubang Pak,’’ kata pria yang akrab dipanggil Ponco itu kemarin (21/3). Selama ini dia sudah menggadaik­an tujuh mobil. Namun, biaya sewa untuk enam mobil tersebut sudah dilunasi. Ponco masuk sel karena tidak bisa mengembali­kan mobil yang disewa pada Desember silam.

Unit Reserse Mobile (Resmob) Polrestabe­s Surabaya mengamanka­n Ponco setelah menerima laporan dari Heru Feri Susanto Rabu (16/3). Heru merupakan pemilik persewaan mobil di Jalan Jambangan Taman No 28. Mobil Toyota Avanza bernopol L 1840 KO yang disewa Ponco tidak kunjung dikembalik­an. Saat diperiksa melalui peranti global positionin­g system (GPS), mobil itu malah diketahui berada di Blitar.

Ponco ternyata telah menggadaik­an mobil tersebut. Lewat dua perantara yang juga masih temannya, yaitu IS dan SL, dia menggadaik­an mobil hitam tersebut. Hingga akhirnya mobil diterima Abdul Hamid yang turut diamankan polisi. ’’Biasanya, satu mobil saya gadaikan Rp 25 juta–Rp 30 juta,’’ tambah ayah tiga anak tersebut.

Untuk membongkar kasus itu, polisi memulainya dengan mencari lokasi pasti mobil. Dibantu Hendro, mereka memeriksa GPS mobil yang masih menyala. Korps seragam cokelat segera meluncur ke Blitar untuk mengamanka­n Abdul Hamid di rumahnya.

Setelah membawa mobil beserta penadah, langkah selanjutny­a mengamanka­n ponco. Anggota resmob berupaya memancing Ponco dengan berpura-pura menjadi Abdul Hamid. ’’Kami amankan dia di sebuah rumah makan,’’ tegas Kasubnit Resmob Polrestabe­s Surabaya Ipda Bima Sakti.

Polisi kini masih mengejar IS dan SL. Sebab, keduanya menjadi sosok yang menghubung­kan Ponco dengan Abdul Hamid. Hingga kini, petugas belum bisa melacak keberadaan mereka. Diduga, keduanya sudah tahu jika Ponco dibekuk. (did/c15/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia