Jawa Pos

Kota Lain Bisa Meniru Sidoarjo

Gus Ipul Bangga dengan SSG

-

SIDOARJO – Atmosfer luar biasa saat pembukaan Sidoarjo School Games (SSG) di gedung serbaguna GOR Delta pada Minggu malam (20/3) membuat Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Saiful Ilah beberapa kali geleng-geleng kepala. Dari semangat opening ceremony itu, keduanya meyakini pergelaran SSG bakal menjadi embrio lahirnya atlet-atlet masa depan dari Kota Delta.

Menurut Gus Ipul, panggilan Saifullah Yusuf, SSG merupakan kompetisi olahraga multievent antarsekol­ah pertama di Jawa Timur. Bahkan, mungkin di Indonesia. ”Saya sangat bangga dengan kejuaraan ini. Semoga ini bukan pertama dan yang terakhir kali. Tapi, bisa berlangsun­g terus-menerus,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam opening ceremony SSG

Dia menaruh harapan agar SSG bisa menjadi panggung bagi para siswa untuk mengembang­kan bakat di bidang olahraga. Setiap negara selalu mempunyai atlet hebat. Untuk menggapai itu, Gus Ipul menyebut perlu proses yang tidak instan. Proses tersebut juga berjenjang. ”Atlet hebat tidak datang dari langit. Butuh proses panjang,” jelasnya.

Nah, SSG merupakan usaha untuk mencari bibit unggul di bidang olahraga. Menurut Gus Ipul, mungkin tidak semua bisa menjadi atlet yang berhasil. Namun, mereka yang kalah tetap bisa menjadikan pengalaman bertanding itu sebagai bekal untuk menempuh kehidupan. ”Ditambah dengan ilmu dan spiritual, insya Allah akan menjadi pemenang sesungguhn­ya,” ungkapnya.

”Semoga kejuaraan ini bisa ditiru oleh daerah lain. Dengan begitu, regenerasi atlet di Indonesia bisa berjalan dengan baik,” sambung Gus Ipul.

Sementara itu, Bupati Saiful Ilah mengatakan, SSG menjadi tolok ukur kemampuan para peserta. Hasil pertanding­an yang telah dijalani menjadi bahan evaluasi selama latihan. ”Sidoarjo School Games akan menjadikan olahraga di Sidoarjo berkembang lebih baik lagi ke depan,” katanya.

Selain Wagub dan bupati, hadir Pemred Jawa Pos Nurwahid, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, dan beberapa anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo. Pembukaan SSG malam itu dihadiri ribuan pengunjung. Mereka adalah peserta, pelatih, ofisial, hingga para suporter. Atmosfer pembukaan SSG terasa luar biasa dengan beragam atraksi dan hiburan yang disuguhkan.

Sebanyak 80 tim dari sekolah setingkat SMA ikut ambil bagian dalam kompetisi hasil kerja sama Jawa Pos dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabud­par) Pemkab Sidoarjo itu. Lebih dari 500 siswa menjadi peserta. Ada 12 cabang olahraga (cabor) dengan hadiah lebih dari Rp 1 miliar. Kompetisi akan berlangsun­g Maret hingga November. (edi/c6/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia