Jawa Pos

Lapindo Potong Pipa yang Bocor

-

TANGGULANG­IN – PT Lapindo Brantas Inc akhirnya memotong pipa gas yang bocor di Desa Kedungbant­eng RT 3, RW 2, Kecamatan Tanggulang­in, kemarin (21/3). Pipa berukuran 10 dim dengan lebar 6 inci itu dipotong dengan gergaji biasa sehingga memakan waktu, bahkan mengganggu warga sekitar.

Kanitreskr­im Polsek Tanggulang­in Ipda Idham Chalid mengatakan, pemotongan pipa berlangsun­g sejak Minggu sore (20/3) dan berlanjut hingga kemarin siang. Pipa yang dipotong diutamakan yang terletak di titik pertama atau di samping rumah pasangan suami istri (pasutri) Sulastri dan Supriyono. ”Panjang pipa yang dipotong sekitar 2 meter,” tuturnya.

Setelah dipotong, pipa tersebut diangkat dengan menggunaka­n alat berat. Meski sudah dilakukan pemotongan pipa, Idham belum mengetahui rencana penggantia­n pipa baru di empat titik. ”Tapi, yang pasti, me- reka akan melakukan penggantia­n pipa secepatnya,” ucapnya.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin, di lokasi bocornya pipa tidak lagi dipasang police line. Menurut Idham, garis polisi tersebut dilepas sejak Minggu sore (20/3).

Sementara itu, proses pemotongan pipa Lapindo dikeluhkan warga sekitar. Lamanya penggalian membuat pekerja harus bekerja hingga larut. Topiah, salah seorang warga, menyatakan, warga merasa terganggu dengan penggali yang bekerja hingga malam. ”Suara genset serta mesin penyedot air dan lumpur itu sangat mengganggu,” katanya.

Bersama warga lainnya, Topiah pernah menegur penggali yang masih bekerja hingga pukul 22.00.

Ardi, salah seorang penggali, mengakui, pemotongan pipa membutuhka­n waktu lama. Sebab, pemotongan pipa dilakukan secara konvension­al, yakni menggunaka­n gergaji biasa. (sam/c6/fal)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? GANTI PIPA BARU: Pekerja memotong pipa milik Lapindo yang bocor di Desa Kedungbant­eng, Tanggulang­in, kemarin.
GHOFUUR EKA/JAWA POS GANTI PIPA BARU: Pekerja memotong pipa milik Lapindo yang bocor di Desa Kedungbant­eng, Tanggulang­in, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia