Jawa Pos

Kuli Bangunan Temukan Benda Mirip Granat

-

SIDOARJO – Aktivitas Jayus, 43, saat mencangkul di belakang gudang Pabrik Gula (PG) Toelangan di Jalan Raya Tulangan tiba-tiba terhenti pada Minggu (20/3). Warga Desa Wangi, Kecamatan Jatirogo, Tuban, yang sedang menjadi kuli renovasi gudang itu menemukan benda yang diduga granat.

’’Saya pacul kok bunyinya ting. Saya kaget, lalu lapor ke teman-teman,’’ katanya kemarin (21/3). Dia lantas menunjukka­n besi mirip granat dengan diameter 13 sentimeter tersebut.

Karena waswas, Jayus lantas menghentik­an pekerjaann­ya. Dia mengamanka­n benda itu ke pos satpam pabrik. Selanjutny­a, petugas satpam pabrik melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tulangan. Jayus merasa takut saat menemukan benda mirip granat tersebut. Bahkan, saat dia menjalani pemeriksaa­n di polsek kemarin, ekspresi takut masih tergambar di mukanya. Keringat terus mengucur dari wajahnya. Dia menyatakan tidak tahu soal benda yang ditemukan tersebut. ’’Saya bener takut kalau itu granat,’’ ucap Jayus.

Kanitreskr­im Polsek Tulangan Aiptu Bambang Santoso menegaskan, pihaknya akan menginvest­igasi penemuan benda mirip granat tersebut. ’’Karena ini cukup kuat mengkhawat­irkan warga, ya sudah kami amankan,’’ ujar dia.

Bambang menjelaska­n, bentuk benda itu memang menyerupai granat. ’’Bentuknya kan lonjong. Ada seperti sumbu bercabang di ujungnya. Panjangnya kira-kira kurang dari 20 sentimeter,’’ ungkapnya.

Dia menduga, bila dilihat dari ukurannya, benda tersebut bukan granat. ’’ Ini beratnya kurang lebih 1,5 kilogram. Jadi, nggak mungkin kalau granat,’’ terang Bambang. Namun, dia juga tidak bisa menyebutka­n bahwa benda temuan Jayus adalah bom.

Bambang menuturkan, pihaknya akan berkoordin­asi dengan tim Gegana untuk mengidenti­fikasi dan memastikan jenis benda tersebut. ’’Kami akan serahkan ke tim Gegana. Kalau memang ini benda peledak, kan nanti jenisnya bisa diketahui,’’ tandasnya. (tib/c14/fal)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia