Jawa Pos

Libatkan Warga Amankan Pilkades

-

SIDOARJO – Pemilihan kepala desa ( pilkades) serentak di Sidoarjo semakin dekat. Pengamanan di setiap wilayah pun dipersiapk­an. Di wilayah Taman, misalnya, jajaran Polsek Taman rutin mengunjung­i desa- desa yang menyelengg­arakan pilkades.

Tidak hanya melakukan pemetaan pengamanan, Polsek Taman juga mempersila­kan warga jika ingin membantu pengamanan. ”Pengamanan utama tetap dari polisi. Tapi, kami persilakan jika ada yang membantu pengamanan,” ujar Kapolsek Taman Kompol Sudjut kemarin (21/3).

Menurut Sudjut, keterlibat­an warga dalam pengamanan pilkades akan lebih menjamin keamanan setempat. Sebab, warga sudah memiliki kesadaran akan situasi kamtibmas. Dengan begitu, mereka bisa saling mengingatk­an satu sama lain. ”Karena itu, kami datangi desa. Kemarin kami datangi dua desa, mengajak bersama-sama menjaga keamanan pilkades,” terang dia.

Di Taman, dari total 24 desa, ada tujuh desa yang menggelar pilkades serentak pada 29 Mei mendatang. Yakni Desa Tanjungsar­i, Wage, Krembangan, Tawangsari, Sambibulu, Sadang, dan Jemundo. Setiap desa memiliki karakter masyarakat yang berbeda. Perlakuan pengamanan­nya pun akan berbeda. ”Ada desa yang banyak pertokoan dan pabrik. Ada juga yang padat penduduk seperti di Wage. Pengamanan­nya pasti beda,” jelas Sudjut.

Ketua Karang Taruna Tanjungsar­i Muhammad Erwin Dasayuafi menyambut baik upaya polsek melibatkan warga dalam pengamanan pilkades. Sebab, warga tentu sudah tahu seluk-beluk desa. ” Kalau banyak yang terlibat membantu pengamanan, kan potensi konflik bakal lebih kecil. Apalagi jika yang mengamanka­n tahu karakter desanya,” kata dia.

Erwin mengungkap­kan, setiap ada momen pergantian pemimpin seperti pilkades maupun pilkada, semua pihak di Taman kerap diajak berkumpul bersama. Mulai karang taruna, ormas, komunitas, hingga perguruan silat. ”Antisipasi sangat penting. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, pilkades saingannya bisa tetangga sendiri,” tuturnya. (uzi/c9/fal)

Pengamanan utama tetap dari polisi. Tapi, kami persilakan jika ada

yang membantu pengamanan.”

Kompol Sudjut

Kapolsek Taman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia