Jawa Pos

Hanya Dua BUMD Yang Hasilkan Laba

-

GRESIK – Keberadaan badan usaha milik daerah (BUMD) milik pemkab tidak hanya bermanfaat bagi publik. Perusahaan itu juga harus menyumbang pemasukan bagi keuangan daerah. Hingga kini, belum semua perusahaan daerah bisa mencapai target itu.

Dari empat perusahaan daerah asli milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, hanya dua yang sudah memberikan sumbangan bagi daerah. Itu pun angkanya belum maksimal. Kondisi BUMD lainnya tidak jelas.

Rencananya, target pemasukan daerah berasal dari sektor bagi hasil. Ada dua BUMD yang diproyeksi­kan bisa memberikan bagian laba usaha atas penyertaan modal. Yakni, PT Gresik Migas (GM) Rp 5 miliar serta PD Bank Gresik dengan nilai Rp 800 juta. Bagi hasil lain berasal dari dua perusahaan daerah, tetapi tidak asli Gresik. Yakni, Bank Jatim yang nilainya mencapai Rp 11,04 miliar serta PT BPR Jatim Rp 30 juta.

Sementara itu, dua BUMD asli Gresik hingga kini tidak kunjung bisa memberikan bagi hasil laba. Contohnya, PDAM. Hingga kini, perusahaan tersebut masih ’’absen’’ meski sudah menyertaka­n sejumlah modal. Demikian juga PT Gresik Samudra yang kondisinya tidak menentu.

Kondisi itu sudah mendapat atensi dari kalangan DPRD Gresik. Bahkan, sejumlah perusahaan berada dalam tahap evaluasi. Di antaranya, PT Gresik Migas dan PT Gresik Samudra. ’’Untuk Gresik Migas, kami tunggu konsultasi direksi terkait potensi pendapatan ke depan,’’ kata Ketua komisi B H Subkhi kemarin.

Sebab, kini PT Gresik Migas memang berada di ujung tanduk seiring berkurangn­ya jatah pasokan gas bagi BUMD tersebut. Padahal, bidang itulah yang jadi ’’jualan utama’’ perusahaan tersebut. Gara-gara itu pula, target bagi hasil PT Gresik Migas tahun ini menurun drastis. Bahkan, kemungkina­n terburukny­a, PT Gresik Migas berpotensi kolaps jika tidak ada solusi.

Demikian juga PT Gresik Samudra. Meski beroperasi sejak 2012, nyaris tidak ada progres yang menggembir­akan dari perusahaan tersebut. ’’Ini juga masuk daftar kajian. Apakah tetap dilanjutka­n atau ada kebijakan lainnya,’’ katanya. (ris/c15/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia