Jawa Pos

Tingkatkan Kesejahter­aan, Edukasi Pola Tanam

-

GRESIK – Edukasi pola tanam yang efektif perlu terus diberikan kepada petani. Tujuannya, meningkatk­an produktivi­tas lahan sehingga kesejahter­aan petani bertambah. Salah satunya, produsen benih yang mengedukas­i petani mengenai pola budi daya terbaik agar mendapatka­n hasil maksimal.

’’Kami tunjukkan kepada petani perbanding­an hasil panen tanaman jagung antara cara petani dan rekomendas­i cara tanam terbaik yang kami contohkan. Di situ tampak ada peningkata­n pendapatan hingga Rp 4 juta lebih,’’ tutur Regional Business Manager Monsanto wilayah Jawa Timur Albertus Umar Mulyono saat pelatihan petani jagung di Sanggar Belajar Dekalb di Desa Pantenan, Kecamatan Panceng.

Umar menambahka­n, pihaknya juga mengedukas­i petani bahwa masing- masing kondisi lahan memerlukan bibit yang berbeda. ’’Karenanya kami sesuaikan dengan karakter lahan. Kami gali neednya petani, kemudian kami perkenalka­n varietas bibit yang sesuai,’’ tutur Umar.

Misalnya, varietas yang baru dikenalkan. Yakni, DK 771 yang cocok untuk lahan basah, tahan bulai atau penyakit tanaman, dan bagus ditanam pada musim tanam wet season September dan Februari. Varietas tersebut juga disukai petani karena saat dipipil lebih bersih dan bonggolnya tidak pecah atau hancur. Sementara itu, DK 888 pas ditanam di lahan sawah dan bisa untuk tanam musim 1 Februari atau musim 2 Juli nanti.

Corporate Engagement Manager Monsanto Firmansyah menambahka­n, edukasi terhadap petani merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mendukung agenda pemerintah­an Presiden Jokowi untuk mencapai kedaulatan pangan dalam negeri. Jawa Timur sebagai produsen utama jagung tanah air menjadi salah satu kunci untuk meningkatk­an produksi. Penggunaan benih dan teknologi pertanian terbaik menjadi peranan kunci pencapaian tersebut. (ndi/c15/dio)

 ?? ANDINA/JAWA POS ?? CARA MENANAM: Firmansyah (kiri) dan Direktur PIS Agro Danumurthi Mahendra (dua dari kiri) memberikan penjelasan kepada petani saat panen jagung di Desa Pantenan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.
ANDINA/JAWA POS CARA MENANAM: Firmansyah (kiri) dan Direktur PIS Agro Danumurthi Mahendra (dua dari kiri) memberikan penjelasan kepada petani saat panen jagung di Desa Pantenan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia